_
Home / Medan / 1.481 Personel Gabungan Laksanakan Operasi Patuh Toba 2017
WOL Photo

1.481 Personel Gabungan Laksanakan Operasi Patuh Toba 2017

MEDAN, WOL – Dalam pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2017 Polda Sumut menurunkan sedikitnya 1.481 personel gabungan dari jajaran polres-polres se Sumatera Utara.  Nantinya keberadaan petugas di lapangan akan memantau lokasi yang rawan terjadi kecelakaan lalulintas.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, mengungkapkan Operasi Patuh Toba 2017 yang dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 9 Mei hingga 22 Mei dengan konsep bersifat terbuka dalam bentuk Operasi Harkamtibmas yang dilaksanakan dengan mengedepankan fungsi lalu lintas Polri dengan didukung fungsi opersional lainnya yang di laksanakan secara Profesional, Bermoral dan Humanis.

“Tujuan Operasi terwujudnya situasi lalulintas yang aman, tertib dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan, pelanggaran dan kemacatan di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Selain itu meningkatkan ketertiban dan kepatuhan serta displin masyarakat dalam berlalulintas di wilayah Sumatera Utara,” ungkapnya Selasa (9/5).

Rycko menjelaskan sasaran Operasi adalah segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata. Kemudian Target Operasi adalah pengemudi kendaraan bermotor yang berhenti di tempat terlarang seperti di Jalan Tol, pengemudi kenderaan bermotor, pelaku kriminalitas di Rest Area dan dijalan Tol. Kemudian kenderaan bermotor yang memakai atau memasang lampu isyarat lalulintas ( Rotator / lampu Blitz ) dan Sirene, kendaraan bak terbuka yang mengangkut orang, kendaraan tidak laik jalan, kendaraan derek liar, penggunaan helm Non SNI dan kendaraan yang kecepatannya dijalan Tol tidak sesuai dengan ketentuan.

“Keselamatan berlalulintas di jalan raya dan tingkat kepatuhan masyarakat Indonesia pada umumnya terhadap Hukum dan perundang – undangan lalulintas sangat memprihatinkan, hal ini apabila tidak di lakukan langkah – langkah strategis guna meningkatkan tingkat keselamatan dan peningkatan kepatuhan hukum masyarakat, maka akan menimbulkan kerugian bukan saja korban jiwa, namun juga akan menimbulkan kerugian di bidang ekonomi,” pungkasnya.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kedatangan Menteri Diharapkan Perkuat Sinergitas Pembangunan Nias

BINAKA, Waspada.co.id – Kedatangan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly dan Menteri Desa, Pembangunan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.