Breaking News
Home / Kuliner Ramadhan / Berburu Pasar Jajanan Ramadhan di Berbagai Kota
Ilustrasi (foto: Ist)
Ilustrasi (foto: Ist)

Berburu Pasar Jajanan Ramadhan di Berbagai Kota

WOL – Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, biasanya orang menginginkan makanan dan minuman yang nikmat untuk berbuka. Di sinilah biasanya bulan Ramadhan memiliki kekhasan. Di berbagai kota di Indonesia, pasar-pasar jajanan makanan untuk berbuka puasa pun bermunculan.

Pasar-pasar jajanan atau kuliner pada bulan Ramadhan ini adalah hal yang unik, karena dalam kesempatan inilah biasanya pengunjung akan menemukan berbagai makanan tradisional yang sudah jarang ditemukan sehari-hari.

Anda yang bepergian ke kota-kota tertentu saat puasa jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mengunjungi pasar-pasar kuliner yang biasanya cuma ada saat bulan Ramadhan. Jangan sampai kehilangan kesempatan untuk mencicipi makanan khas suatu daerah yang biasanya dijajakan di pasar kuliner Ramadhan ini.

Berikut beberapa contoh pasar kuliner Ramadhan yang kami temukan. Di Jakarta, ada Pasar Benhil yang menjadi salah satu pusat tempat berjualan makanan untuk berbuka puasa. Berbagai jajanan tradisional dan kue-kue basah sampai gorengan dan es-es pemuas haus tersedia di sini. Bukan hanya untuk berbuka, Anda yang mencari makanan berat, seperti gudeg, ayam bakar, atau ikan bakar, dan masakan Padang pun akan menemukannya di sini.

Pengunjung (dan penjualnya) bisa sampai ratusan orang sehingga menyebabkan kemacetan di sekitar pasar yang biasanya mulai akan ramai sekitar jam 5 sore.

Bukan haya di Jakarta, di Pekanbaru pun banyak pasar-pasar kuliner Ramadhan. Pemerintah Kota Pekanbaru sudah meminta setiap kecamatan untuk melaporkan keberadaan pasar kuliner di wilayah mereka.

Ratusan pedagang musiman pun mengambil kios-kios yang disediakan oleh pemerintah kota. Terlihat berbagai lauk masakan Padang, termasuk ikan bakar, menjadi salah satu jualan yang ditawarkan di pasar ini.

Di Makassar, ada satu tempat yang rutin menjadi tujuan para pencari takjil atau makanan berbuka puasa, yaitu Pasar Kue Ramadhan Mappanyukki.

Buat Anda yang sedang traveling ke Makassar saat puasa, jangan lupa untuk jajan makanan berbuka di sini. Karena di sinilah Anda berkesempatan untuk merasakan berbagai hidangan berbuka khas Sulawesi Selatan. Tak hanya es pallu butung dan pisang ijo, tapi juga jalangkote dan barongko. Anda juga bisa menemukan berbagai lauk ikan dalam olahan bumbu khas Bugis.

Di Banjarmasin juga sama. Coba tengok banyaknya varian makanan yang dijajakan di pasar yang rutin digelar setiap bulan Ramadhan ini. Menggiurkan bukan?

Sedangkan di Blitar malah lebih unik lagi. Pasar Ramadhan di sana adalah jalan protokol yang diubah menjadi pasar dadakan untuk menjual berbagai makanan khas Jawa Timur. Pedagangnya sampai menawarkan jualan ke kendaraan yang lewat. (wego/data2)

Check Also

WOL Photo/Mezut Ilham

Puluhan Polisi Diturunkan Amankan Aksi Unjuk Rasa Mahasiswa USU

MEDAN, WOL – Puluhan personel Sabhara Polrestabes Medan dan Kepolisian Polsek Medan Baru mengamankan jalannya ...

  • EMILIANA WILSON

    Halo, saya Mrs. Emiliana, pribadi yang diakui secara global dan pemberi pinjaman pinjaman registerred bawah organisasi internasional perusahaan pinjaman, saya menawarkan pinjaman cepat apapun untuk kesempatan waktu hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Tidak terlihat lagi karena kami berada di sini untuk semua masalah keuangan Anda di masa lalu. Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami adalah perusahaan pinjaman terkemuka global, dapat diandalkan dan memberikan penerima bantuan dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via e-mail di: emilianawilson11@gmail.com

  • Karen Mark

    Kabar baik.

    Aku Karen Mark, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui perusahaan pinjaman oleh kerajaan Inggris untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank. Tidak memerlukan banyak dokumen. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: karenmarkfinancialloancompany@gmail.com
    Kami akan memberikan kami yang terbaik.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.