Home / Komunitas / Penutupan Roadshow Indonesia Youth Icon 2016 di SMA Raksana Medan
Istimewa

Penutupan Roadshow Indonesia Youth Icon 2016 di SMA Raksana Medan

WOL – Sebagai salah satu rangkaian acara dalam roadshow pemilihan finalis Indonesia Indonesia Youth Icon (IYI) 2016, Yayasan Bangga Jadi Indonesia (YBJI) melakukan seremonial pelepasan balon. Adapun maksud dan tujuan dari seremonial tersebut adalah sebagai tanda bahwa roadshow IYI 2016 bertemakan “Be Admired”, resmi berakhir.
Dirangkul oleh beberapa pihak yaitu Pangdam I Bukit Barisan dan perwakilan komunitas-komunitas kota Medan, semakin menguatkan persiapan kegiatan lanjutan usai digelarnya roadshow yang berhasil mengunjungi sebanyak 16 sekolah di kota Medan.
Kegiatan penutupan roadshow “be admired” ini digelar di SMA Raksana Medan, baru-baru ini. Dibuka oleh penampilan minat dan bakat para siswa/i SMA Raksana, roadshow disemarakkan dengan materi-materi bertajuk wawasan kebangsaan. Tentunya, pemaparan materi disampaikan langsung oleh Mora Nasution selaku founder YBJI dan Dedi Ananda Nasution selaku Presiden YBJI. Tidak ketinggalan, para kakak asuh YBJI yang menjadi tim sukses roadshow ini juga ambil andil.
Dua di antara para kakak asuh YBJI yaitu Muhammad Iqbal Lubis dan Rafika Aprilya mendapatkan kesempatan menjadi pemateri pada roadshow ke-16 ini dengan membawakan materi tentang kolaborasi.
“Kolaborasi itu butuh komunikasi, kerjasama, ketulusan, keikhlasan, dan fleksibilitas. Ibarat menyapu halaman rumah dengan satu lidi akan sangat sulit, sedangkan dengan banyak lidi-lidi yang digabungkan maka segala pekerjaan akan terasa lebih ringan. Inilah kolaborasi dalam sebuah tim yang sudah mulai dilupakan oleh kita,” papar Iqbal Lubis dalam sambutannya.
Untuk tahun kedua ini, YBJI akan menjaring 150 finalis IYI 2016. Nantinya, para finalis terpilih berhak mengikuti Pelatihan Kebangsaan Merah Putih (PKMP) selama 6 hari dan rencana pelaksanaannya di Lantamal Belawan. Begitu pun, Dedi Ananda Nasution mengungkapkan bahwa proses penjaringan finalis tidaklah sembarangan.
“Untuk bergabung dengan IYI, pertama, daftar ke YBJI dan wajib lolos tahap wawancara dan tertulis. Kedua, melalui roadshow YBJI, ini tidak pakai seleksi wawancara dan tes tertulis. Siswa yang mampu mempresentasikan wawasan kebangsaan dengan baik layak menjadi finalis IYI 2016,” jelas Dedi saat diwawancarai di SMA Raksana Medan, Jalan Gajah Medan.
Setelah berhasil menggelar roadshow di 16 sekolah, saat ini telah tercatat sebanyak 48 siswa/i dari perwakilan masing-masing sekolah yang dikunjungi, terpilih sebagai finalis Indonesia Youth Icon angkatan II. Namun, untuk proses penyeleksian melalui tes tertulis dan wawancara masih terus berlanjut hingga 01 Oktober 2016 di Gedung On The Stage, Jalan Sei Serayu Komplek The Mansion No.14 Lantai 2. (ybji/ags/data3)

Check Also

Anggota Dewan Dukung Buruh Tuntut Kesejahteraan

JAKARTA, WOL – Anggota Komisi IX DPR Muhammad Iqbal mendukung kegiatan para buruh di May ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: