_
Home / Komunitas / LPM USU Beri Pelatihan Bahasa Mandarin Anak Usia Dini
foto: istimewa

LPM USU Beri Pelatihan Bahasa Mandarin Anak Usia Dini

MEDAN, Waspada.co.id – Tim Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPM USU) memberi pelatihan pembelajaran Bahasa Mandarin anak usia dini kepada tenaga pendidik RA Ar-Rahmah, Jalan Eka Rasmi Medan, baru-baru ini.

Tim pengabdian diketuai oleh Niza Ayuningtias SS MTCSOL yang juga Sekretaris Jurusan Program Studi Bahasa Mandarin USU. Anggota terdiri atas Mhd Pujiono SS MHum PhD, Vivi Adryani Nasution SS MTCSOL, dan Ely Hayati Nasution SS MSi.

Niza Ayuningtias mengatakan pengabdian dilakukan secara intensif selama Juli lalu. Kegiatan PKM ini pun mendapat sambutan hangat dari pihak Raudhatul Athfal.

“Pelatihan diberikan secara bertahap, mulai dari teori dasar hingga praktik pengajaran langsung kepada siswa. Para guru diperkenalkan prinsip TCFL (Teaching Chinese as a Foreign Language),” katanya.

“Prinsip ini mengutamakan pembelajaran Bahasa Mandarin secara santai dan menarik kepada anak-anak. Mereka dilatih mengajarkan konsonan, vokal, nada, dan aksara dalam Bahasa Mandarin melalui lagu-lagu sederhana, flashcard, cerita bergambar, dan lainnya,” tambah Niza.

Niza juga mengakui banyak kendala yang dihadapi. Selain latar belakang guru yang bukan spesifik pendidikan Bahasa Mandarin, keterbatasan sarana prasarana di RA Ar-Rahmah juga menjadi salah satu fakto.

“Namun demikian, hal tersebut tidak melunturkan semangat tim PKM USU. Melihat keseriusan dan antusias peserta, kegiatan membuahkan hasil optimal sesuai harapan. Atas kerja sama yang baik itu pula, PKM USU menghadiahkan LCD Projector kepada RA Ar-Rahmah sebagai pendukung kegiatan belajar-mengajar,” ujarnya.

Dengan diadakan pelatihan seperti ini, diharapkan para guru dapat mengajarkan Bahasa Mandarin dengan baik kepada siswanya. Mengajarkan bahasa asing terkhususnya Mandarin pada anak usia dini, disebutkan dapat memberi bekal penting untuk mereka di jenjang pendidikan selanjutnya.

Pengawas RA Kecamatan Medan Johor, H Salman Brutu SAg, mendukung penuh kegiatan tersebut. Salman mengakui sangat senang dan mendukung penuh kegiatan PKM karena dapat memberi wawasan lebih terhadap pembelajaran Bahasa Mandarin pada guru. (wol/rls/data1)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

PSMS vs Aceh Babel Kembali Batal

MEDAN, Waspada.co.id – Laga tunda PSMS Medan kontra Babel United dalam lanjutan Liga 2 Indonesia ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.