Breaking News
Home / Komunitas / Komunitas Turun Tangan Mengadili Cawalkot Medan
foto: WOL Photo

Komunitas Turun Tangan Mengadili Cawalkot Medan

MEDAN, WOL – Musim Pilkada telah tiba, dari tahun ke tahun pengenalan calon  pemimpin selalu dilaksanakan dengan cara yang sama, yaitu debat kandidat yang hanya dapat dihadiri beberapa kalangan tertentu saja.

Hal ini menjadi pemicu bagi Komunitas Turun Tangan Medan untuk menggagas kegiatan yang bertajuk “Mengadili Calon Wali Kota Medan #medanmengadili” yang dilaksanakan pada Sabtu (14/11) di Medan Warkop, Jalan Cik Di Tiro.

Melihat tingkat apatis masyarakat yang tinggi terhadap pemerintah saat ini, kegiatan ini menjadi suatu formula menjembatani masyarakat khususnya pemuda langsung bertemu dengan calon pemimpinnya dan menjadi salah satu upaya mengembalikan rasa optimis masyarakat.

Kurnia Ramadhana selaku koordinator kegiatan mengungkapkan “Medan Mengadili adalah kegiatan mempertemukan anak muda dengan calon pemimpinnya, jadi mereka bisa bertanya segala hal terkait dengan calon tersebut, seperti rekam jejak, visi misi, program atau pertanyaan spontan lainnya”.

Menurut pantauan Waspada Online, kegiatan ini dikemas secara santai dan nyaman tanpa kesan formal untuk menciptakan suasana akrab. Tentu saja hal ini dilakukan agar terjalin saling keterbukaan antara calon pemimpin dengan yang dipimpinnya.

Kurnia juga menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan agar pemerintah dapat melibatkan pemuda, khususnya komunitas, dalam segi kebijakan publik terutama dalam pembangunan kota.

Gerakan ini diselenggarakan secara tunggal oleh Komunitas Turun Tangan Medan yang bekerja sama dengan beberapa radio swasta di Medan. “Kegiatan ini gerakan murni didanai oleh relawan sendiri,” tegasnya.

Komunitas yang sudah berjalan hampir dua tahun ini menjadi komunitas pertama di Indonesia yang menyelenggarakan kegiatan seperti ini. Sebelumnya, komunitas ini konsen dengan edukasi politik praktis dan sosial.

Kegiatan ini hanya dihadiri oleh pasangan calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Medan Nomor 2, Ramadhan Pohan-Eddie Kesuma (REDI). Dalam sambutannya, Ramadhan Pohan mengungkapkan apresiasinya kepada komunitas penggagas kegiatan tersebut.

“Saya mengapresiasi tinggi Komunitas Turun Tangan Medan karena berani membuat kegiatan seperti ini,” ungkapnya juga mengutarakan visi misinya dalam membangun Kota Medan yang cerdas dan bermartabat.

Kegiatan ini, tambahnya, diharapkan dapat menjalin hubungan baik antara pemimpin dan pemuda serta melibatkan pemuda sebagai fasilitator dalam membangun kota.(wol/sari/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Komunitas Indonesia Kompak Adakan Seminar Hukum & Bisnis

MEDAN, WOL – Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72, Komunitas Indonesia Kompak (KIK) mengadakan kegiatan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: