Newsticker
WOL / Komunitas / Kawan Sumut Gelar Orientasi Relawan Perdana
foto: istimewa
foto: istimewa

Kawan Sumut Gelar Orientasi Relawan Perdana

Benner-Erry

MEDAN, WOL – Komunitas Relawan Sumatera Utara atau Kawan Sumut menggelar orientasi relawan perdana, pada Sabtu (17/11) kemarin di Kenanga Garden, Jalan Letjen Djamin Ginting, Medan Tuntungan, Sumatera Utara.

Orientasi yang diikuti oleh 70 orang peserta ini merupakan ajang pembekalan tentang gerakan kerelawanan yang dibawakan oleh pemateri berpengalaman dari sekolah relawan Bogor dan Depok.

“Dalam orientasi ini peserta dan pemateri akan menyatukan pandangan tentang gerakan kerelawanan, permasalahan yang berkembang di lingkungan kita, dan apa yang dapat dilakukan relawan untuk menyikapinya,” kata Koordinator Kawan Sumut Eka Dalanta.

Menurut Eka, saat ini gerakan kerelawanan di Sumatera Utara tumbuh dengan pesat terutama di kalangan generasi muda.

Kalangan muda, katanya, sadar bahwa dapat menjadi aktor penting perubahan di lingkungan mereka. Semakin banyak orang yang masuk dalam gerakan kerelawanan karena mereka ingin bergabung dengan lingkungan dan individu-individu yang menginspirasi.

“Kawan Sumut hadir sebagai simpul informasi yang mempertemukan orang-orang yang ingin menjadi relawan dengan lembaga pemerintah dan non-pemerintah yang memiliki berbagai program kemasyarakatan,” jelasnya.

Kawan Sumut juga memiliki beberapa lembaga dan instansi yang menjadi afiliasi dan siap bekerjasama dengan para relawan, yakni Yayasan Alusi Tao Toba, Pesona Tropis Alam Indonesia (Petai), HeartIndo Medan, Taman Nasional Batang Gadis, dan Suaka Margastwa Barumun.

Eka juga menyampaikan, sesuai dengan perkembangan situasi di Sumatera Utara, Kawan Sumut fokus pada empat bidang, yaitu pendidikan, lingkungan hidup, kesehatan, dan kebencanaan.

“Empat bidang inilah yang dirasa paling banyak membutuhkan relawan karena persoalannya cukup banyak di Sumatera Utara,” sambungnya.

Penggagas Kawan Sumut, Togu Simorangkir, juga mengajak masyarakat Sumut untuk ikut dalam gerakan ini dan merasakan indahnya dunia volunterisme.

“Kerelawanan punya cakupan yang luas. Mengutip sampah dan membantu orang menyeberang jalan juga termasuk kegiatan kerelawanan. Kawan Sumut berusaha mempertemukan hasrat dan kemampuan orang-orang yang ingin menjadi sukarelawan dengan lembaga yang membutuhkan tenaga mereka. Kalau anda bisa menjadi relawan di akhir pekan, itu bagus. Jika bisa berkomitmen menjadi relawan untuk jangka waktu yang lebih panjang, itu baik juga,” katanya.

Setiap orang, katanya, bisa bergabung dengan Kawan Sumut asalkan berminat dengan gerakan sosial-lingkungan.

“Kami berharap bisa membuat Orientasi Relawan setiap bulan. Setiap orang bisa bergabung asalkan berminat dengan gerakan yang murni sosial-lingkungan,” tutup Togu. (rls/sari/data2)

Baca Juga

Video Conference Menteri Perhubungan Budi Karya (Foto: Lidya Sembiring/Okezone)

Lakukan Video Conference, Menhub Cek Kesiapan Seluruh Kondisi Arus Mudik

  JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, sore ini melakukan video conference dengan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.