Home / Komunitas / Go River Ajak Masyarakat Peduli Sungai Deli
WOL Photo

Go River Ajak Masyarakat Peduli Sungai Deli

MEDAN, WOL – Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian sungai di Kota Medan, khususnya Sungai Deli. Salah satunya seperti yang dilakukan segelintir masyarakat yang tergabung dalam Komunitas Go River.

Komunitas ini memang berkonsentrasi pada perbaikan ekosistem dan sosiokultur masyarakat daerah aliran sungai-sungai khususnya Sungai Deli Kota Medan. Dengan puluhan relawannya, Go River aktif untuk menjaga kelestarian Sungai Deli.

Koordinator Divisi Advokasi, Wicaksono Lugas Dwicahyo, didampingi Direktur Eksekutif Ahmad Hakiki, menjelaskan bila Go River sejak awal memang berkomitmen menjadikan Sungai Deli sebagai ikon wisata Kota Medan dengan mengajak seluruh masyarakat, pemerintah serta stakeholder berperan aktif memaksimalkan potensi yang terkandung di sungai.

“Tak hanya menjaga lingkungan hidup, program yang dipersiapkan di komunitas ini juga meliputi pemberdayaan masyarakat dan ekowisata serta kreatif. Hal itu pun ditunjukkan dengan sejumlah program yang telah dipersiapkan,” katanya baru-baru ini.

Dikatakan, sejak didirikan pada 25 Oktober 2014 lalu, komunitas ini memliki dua program unggulan yakni Program Sekolah Sungai yang mengajak masyarakat khususnya para siswa di Kota Medan sekitarnya untuk belajar bersama khususnya seputar lingkungan.

“Selain itu ada juga Program Sungai Deli Membaca, yakni para relawan melintasi aliran Sungai Deli untuk membawa beragam buku dan mengajak para anak membaca buku di Kampung Aur. Sedangkan untuk agenda rutin yang dilakukan, biasanya seminggu sekali memotong bambu dan membersihkan aliran Sungai Deli,” tegasnya.

Ditanya respon masyarakat tentang kehadiran komunitas ini, Wicaksono mengaku bersyukur karena kehidaran Go River di tengah-tengah masyarakat Medan mendapatkan sambutan hangat. Dan itu pun dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang memberikan dukungan.

Insha Allah ke depan kami juga berencana akan membuat program pembersihan dan pemberdayaan lingkungan hidup di sungai lain di Medan. Karena memang manfaat yang dirasakan dari program ini cukup positif bagi masyarakat,” tambahnya.

Sejauh ini, kata Wicaksono, jumlah relawan Go River sebanyak 120 orang. Relawan Go River merupakan wadah yang menghubungkan organisasi/komuniyas dengan beragam sosial dan latarbelakang profesi dengan para relawan yang memiliki talenta dan potensi.

“Kami percaya bahwa kerja sama di antara kedua belah pihak akan memperkuat jejaring sosial masyakarat dan menciptakan Sungai Deli yang lebih baik,” pungkasnya.(wol/aa/wsp/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Ada Konspirasi Besar di Balik Kisruhnya Pedagang Pasar Pringgan

MEDAN, WOL – Anggota Komisi C DPRD Medan, Mulia Asri Rambe, meminta pedagang Pasar Pringgan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: