Newsticker
WOL / Komunitas / BKKBN Laksanakan Survei Dengan Penggunaan Smartphone
Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara - Temazaro Zega foto bersama para peserta Enumerator Training Survei Indikator Kinerja Program KKBPK RPJMN Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017, di Hotel Garuda Plaza Medan, Senin (13/3) kemarin. (foto: Istimewa)
Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara - Temazaro Zega foto bersama para peserta Enumerator Training Survei Indikator Kinerja Program KKBPK RPJMN Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017, di Hotel Garuda Plaza Medan, Senin (13/3) kemarin. (foto: Istimewa)

BKKBN Laksanakan Survei Dengan Penggunaan Smartphone

MEDAN, WOL – Validitas data merupakan hal penting dalam memotret dan mengevaluasi pelaksanaan Program KKBPK. Oleh karenanya sejak tahun 2016, BKKBN melaksanakan Survei Indikator Kinerja Program KKBPK RPJMN dengan menggunakan smartphone.

Pemanfaatan smartphone sebagai sarana dalam pengumpulan data, akan menghasilkan data yang valid, karena para enumerator tidak akan dapat “main-main” ketika bertugas. Segala kegiatan baik posisi, waktu wawancara akan dipantau melalui aplikasi dashboard yang sudah disiapkan.

Hal itu disampaikan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara, Temazaro Zega, ketika membuka acara Enumerator Training Survei Indikator Kinerja Program KKBPK RPJMN Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017, di Hotel Garuda Plaza Medan didampingi oleh Kabid Latbang, T.Lafalinda dan Kasubbag Umum dan Humas, Janter Sitorus, Senin (13/3).

“Perkembangan teknologi informasi yang luar biasa saat ini menuntut setiap instansi/lembaga mampu untuk menfaatkannya dengan baik, sehingga kualitas data yang dihasilkan dari survey yang dilakukan oleh BKKBN dapat terjaga kualitasnya,” kata Temazaro.

“Pada pelaksanaan Survei RPJMN tahun 2016, Sumatera Utara mendapatkan hasil yang baik, berdasarkan ketepatan waktu Sumatera Utara berada pada peringkat tujuh secara nasional, prestasi ini harus kita tingkatkan dan tentunya kualitas data harus tetap dikedepankan,”ujar beliau lebih lanjut.

Kegiatan Enumerator Training Survei Indikator Kinerja Program KKBPK RPJMN Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017 diikuti oleh 44 orang, yang berhasil lulus dalam ujian saringan yang dilaksanakan oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara bekerjasama dengan lembaga Psikolog. Total jumlah pelamar sebagai enumerator pada survei ini berjumlah lebih dari 400 orang.

“Teman-teman semua merupakan orang-orang yang terpilih, sehingga saya harapkan tunjukkan bahwa kalian semua memang pantas terpilih. Oleh karena itu saya berharap semua peserta harus mengikuti pelatihan ini selama 14 hari ke depan dengan baik, pahami dan diskusikan jika mengalami masalah,” tutup Temazaro.

Sementara itu, Koordinator Survei RPJMN 2017 Provinsi Sumatera Utara, DR Erna Mutiara, MKes, mengatakan bahwa dengan semakin baiknya aplikasi pangumpulan data (Moco) pada smartphone, diharapkan pada pelaksanaan survei RPJMN tahun ini akan lebih baik jika dibandingkan dengan tahun 2016.

Demikian diungkapkan DR Erna Mutiara yang juga merupakan Dosen di Universitas Sumatera Utara sekaligus ahli Demografi dan Statistik di Sumatera Utara. (wol/ags/data2)

Ditulis Oleh:
Ari Armawan, Staf Advokasi dan KIE Perwakilan BKKBN Provinsi Sumut

Baca Juga

tempo.co

Menkeu Klaim akan Ada ‘Booming’ Infrastruktur

JAKARTA, WOL – Melihat kondisi turunnya harga barang komoditas saat ini, Menteri Keuangan Bambang P.S. ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.