Friday, 03 May 2013 23:44    PDF Print E-mail
Kuala Namu beroperasi Juli 2013
Warta

WASPADA ONLINE

MEDAN - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan pengoperasian Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara (Sumut) dapat teralisasi pada 25 Juli 2013. Setelah sebelumnya target beroperasinya bandar udara bertaraf internasional ini beberapa kali mengalami kendala.

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono saat meninjau langsung Bandara Kuala Namu bersama PT Angkasa Pura II (Persero) dan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA).

join_facebookjoin_twitter

"Untuk infrastruktur udara telah selesai 100 persen, tinggal penyelesaian dari sisi darat, yang paling krusial detailnya," katanya kepada media di Kuala Namu, hari ini.

Meskipun dari pantauan wartawan di lapangan, bahwa bandara tersebut masih dalam tahap pengerjaan. Namun dia optimis bandara ini sudah mulai beroperasi pada 25 Juli 2013. Bandara tersebut akan menggantikan Bandara Polonia, Medan, yang saat ini jumlah penumpang dan penerbangannya telah melebihi kapasitas.

"Seharusnya target awal beroperasi Desember 2012, jika mundur lagi harus dilakukan evaluasi, apa yang harus kita lakukan bulan-per bulan, minggu-per minggu bahkan per hari. Jika tidak diantisipasi bisa-bisa dioperasikannya setelah lebaran," tuturnya.

Dia menjelaskan, total investasi pembangunan Bandara Kuala Namu diperkirakan mencapai Rp5 triliun. Biaya tersebut hanya untuk pembangunan airport dan belum termasuk pembangunan kereta bandara, maupun akses jalan tol yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.

"Dua bulan sebelum beroperasi, kita membuat nota ke seluruh dunia untuk menginformasikan bahwa Kuala Namu sudah bisa beroperasi. Step awal kapasitas delapan juta penumpang nanti menjadi 10 hingga 15 juta tergantung demand," pungkas Bambang.
(dat03/wol/sindonews)


WARTA KARTUN

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment