Monday, 29 October 2012 18:56    PDF Print E-mail
Andar-Isnandar menang di Pilkada Sidempuan
Warta
WASPADA ONLINE

MEDAN – Komisi Pemilihan Umum menetapkan pasangan Andar Amin Harahap dan Isnandar Nasution sebagai pemenang pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Sidempuan Arbanur Rasyid yang dihubungi wartawan dari Medan, Senin sore, mengatakan, pasangan nomor urut 3 itu meraih 48.596 suara atau 48,2 persen.

Pasangan yang didukung Partai Buruh, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Demokrasi Pembaruan, Partai Karya Peduli Bangsa, dan Partai Patriot itu mengungguli lima pasangan lain.

Dari penghitungan KPU, pasangan lain yakni Habib Nasution dan Soripada Harahap (nomor urut 1) yang merupakan peserta dari jalur perseorangan meraih 738 suara atau 0,7 persen. Kemudian, pasangan Rusdi Nasution dan Riswan Daulay (2) yang didukung Partai Demokrat dan Partai Hati Nurani Rakyat meraih 8.185 suara atau 8,1 persen.

Pasangan Dedi JP Harahap dan Affan Siregar (4) yang didukung 16 parpol seperti PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional, Partai Pemuda Indonesia, PNI Marhaen, dan Partai Matahari Bangsa meraih 35.464 suara atau 35,2 persen.

Selanjutnya, pasangan Amir Mirza Hutagalung dan Nurwin Nasution (5) yang juga peserta pilkada dari jalur perseorangan hanya meraih 865 suara atau 0,9 persen.

Pasangan terakhir yakni Chaidir Ritonga dan Maragunung Hasibuan (6) yang didukung Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Serikat Indonesia, dan Partai Republika Nusantara meraih 6.987 suara atau 6,9 persen.

Pihaknya akan menyampaikan penetapan hasil penghitungan akhir tersebut ke Pemprov Sumut serta Pemkot dan DPRD Kota Padang Sidempuan. “Selanjutnya DPRD yang akan memprosesnya,” ujar dia.

Ia menambahkan, dari perbandingan daftar pemilih tetap sebanyak 152.684 jiwa dan suara sah yang berjumlah 100.835 suara, pihaknya mencatat partisipasi masyarakat dalam pilkada Padang Sidempuan mencapai 68 persen.
(dat06/antara)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment