Tuesday, 25 September 2012 16:05    PDF Print E-mail
Laporan keuangan SKPD transparan
Warta
SASTROY BANGUN
WASPADA ONLINE


MEDAN - Walikota Medan,Rahudman Harahap, membuka acara bimbingan tekhnis tentang tata cara pengelolaan dan laporan pertanggang jawaban tentang pengelolaan keuangan anggaran pendapatan belanja daerah bagi bendahara penerima dan bendahara pengeluaran di jajaran Pemko Medan, di Hotel Darma Deli Medan, hari ini.

Acara bimbingan teknis laporan pertanggung jawaban APBD ini mengacu kepada peraturan Mendagri nomor 13/2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah, bahwa Kepala SKPD selaku pengguna anggaran berkewajiban menyampaikan laporan pertanggung jawaban APBD SKPD tahun anggaran, kepada pejabat pengelola keuangan daerah (PPKD) sebagai dasar penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah.

Walikota Medan, Rahudman Harahap mengatakan, sebagai bagian pokok dari system pengelolaan keuangan daerah, maka bimbingan teknis ini tentunya sangat strategis dan penting bagi SKPD untuk menghasilkan laporan keuangan yang semakin transparan, efektif dan akuntabel.

Dikatakan, laporan pertanggung jawaban atas pelaksanaan APBD merupakan laporan keuangan yang komprehensif, terdiri dari laporan realisasi anggaran, neraca, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan, pemahaman yang memadai dari seluruh aparatur terhadap tata cara penyusunannya sangat penting sebagai bagian dari administrasi keuangan daerah.

“Melalui bimbingan teknis ini saya berharap setiap kepala SKPD selaku pengguna anggaran, pejabat penatausahaan keuangan maupun bendahara pengeluaran dan penerima nantinya dapat lebih memahami cara penyusunan laporan pertanggungjawaban atas penggunaan APBD pada SKPDnya masing-masing dengan baik, “ ujar Rahudman.

Menurutnya, penyusunan pertanggungjawaban atas pengguna APBD SKPD masing-masing dengan baik, efektif, transparan dan akuntabel ini sangat diperlukan mengingat pemerintah Kota Medan telah melakukan kerja sama dengan Badan Pemeriksa Keunagn Republik Indonesia dalam rangka penerapan elektronik audit (e-audit). Kerja sama ini dimaksudkan untuk mengembangkan dan mengelola system informasi perolehan data entitas dalam rangka mendukung pemeriksaan pengelolaan keuangan daerah.

“ Kepada setiap peserta saya minta agar jangan menganggap bahwa bimbingan teknis ini merupakan acara formalitas saja, namun benar-benar harus mengikuti setiap pembahasan yang disampaikan oleh para nara sumber dengan baik, “ tegas Rahudman Harahap.

Ditambahkan, pada kesempatan ini juga diucapkan terima kasih kepada badan pengawas keuangan dan pembangunan perwakilan provinsi Sumatera Utara atas kerja sama yang telah dibina selama ini, khusunya dibidang pengelolaan keungan daerah dan berharap kerja sama tersebut dapat terus dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi pada tahun-tahun mendatang.

“Kita berharap kepada para bendaharawan penerima dan pengeluaran bisa meningkatkan kualitas pelaporannya, karena laporan ini sangat menentukan, inilah laporan pertanggung jawaban tersebut, dan kita juga berkerja sama dengan BPKP, untuk bisa memberikan pengetahuan kepada mereka agar mereka mampu memberikan laporan keuangan secara transparan, efektif dan akuntabel, “ jelasnya.

Sebelumnya Kepala Badan Pengelolaan Keungan Daerah Kota Medan, Irwan Ritonga melaporkan, kita menyadari bahwa penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah bukanlah hal yang mudah, hal ini membutuhkan perhatian yang serius dari setiap SKPD, khususnya pejabat yang mengelola keuangan SKPD, untuk itulah dipandang perlu menggelar bimbingan teknis ini.

Peserta sebanyak 213 terdiri dari pimpinan SKPD, pejabat penatausahaan keuangan, bendahara pengeluaran dan penerima di jajaran Pemko Medan, tujuannya untuk mempelajari tentang penyusunan laporan pertanggungjawaban APBD, serta mampu menyusun laporan pertanggung jawaban APBD disetiap SKPD masing-masing, kegiatan berlangsung dua hari dengan nara sumber dari BPKP yakni Maryam Harman, Iwan Ihkwanul Karim, Atanasius Widarwanto, Muhammad Ali Akbar dan Indra Damanik.

Editor: AGUS UTAMA
(dat06/wol)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment