Friday, 24 August 2012 16:45    PDF Print E-mail
Kiat aman paketkan sepeda motor
Ragam
WASPADA ONLINE

Paket pengiriman sepeda motor ke luar Jakarta selalu ramai menjelang Lebaran. Maklum saja, para pemudik menggunakan sepeda motor mereka di kampung halaman.

Dengan syarat yang telah ditentukan, penyedia jasa pengiriman paket sepeda motor melalui kereta api memang tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi selama dalam perjalanan.

PT Herona Express Manggarai, salah satu agen jasa pengiriman paket sepeda motor, per harinya mendapat jatah mengirim 15 unit. Jatah itu akan digabungkan dengan cabang-cabang agen lainnya, lalu disatukan di stasiun Tanah Abang untuk dimuat ke dalam gerbong.

“Dalam satu gerbong kereta, bisa membawa sampai sekitar 60 sepeda motor,” kata Menurut Suhadi, Kepala Unit Pengiriman Barang PT Herona Express Cabang Manggarai.

“Jika sepeda motor yang dikirim menggunakan kereta mengalami kerusakan selama perjalanan, perusahaan tidak bertanggung jawab. “Makanya, semua sepeda motor kami bungkus supaya tidak lecet. Biasanya, bodi samping motor yang lecet, karena goyangan kereta saat berjalan,” jelasnya.

“Kami sangat teliti dalam membungkus barang kiriman, ” tambahnya. “Setelah dibungkus, dibawa ke stasiun Tanah Abang dengan menggunakan truk. Selanjutnya disatukan dengan agen cabang lainnya dan dimasukkan ke dalam gerbong.”

Suhadi mengenakan biaya tambahan jika memang sepeda motor ingin lebih aman dari benturan akibat goncangan perjalanan kereta. “Untuk biaya packing dengan kardus dikenai Rp 35.000 per sepeda motor. Jika ingin dibungkus dengan busa ongkosnya Rp 50.000,” kata Suhadi.

Ongkos kiriman pun berbeda-beda sesuai jarak dan model sepeda motor. Untuk satu unit sepeda motor bebek misalnya, ongkosnya Rp 325 ribu untuk pengiriman ke Jogja, Rp 300 ribu untuk pengiriman ke Purwokerto dan Rp 350 ribu untuk pengiriman ke Surabaya.

“Untuk jenis sportbike dikenakan tarif Rp 50 ribu lebih mahal dari sepeda motor bebek. Sementara untuk sepeda motor gede (moge) di atas 250 cc ongkosnya dua kali lipat dari sepeda motor bebek.” Jelasnya.

Pihaknya melayani pengiriman ke kota-kota besar dan kecil di pulau Jawa dan Bali. Biasanya, dalam waktu sekitar tiga hari, sepeda motor akan sampai ke tangan penerima.

“Jika ramai kiriman, sepeda motor bisa sampai lebih lambat sehari ke tangan penerima, kecuali dia mau datang untuk mengambil sendiri,” Jelasnya lagi.

Editor: SASTROY BANGUN
(dat18/dapurpacu/caessaria)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment