Tuesday, 19 June 2012 17:19    PDF Print E-mail
Masuk FK USU siapkan Rp60 juta
Warta
WASPADA ONLINE

MEDAN - Selain jalur SNMPTN, para calon mahasiswa yang mengincar fakultas favorit di universitas negeri pun bisa mencoba mendaftar di jalur mandiri. Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK-USU) menetapkan harga Rp60 juta pertahun bagi mahasiswa yang ingin mendaftar di FK-USU. Sementara bagi mahasiswa dari luar negeri, harga pendaftaran bagi jalur mandiri lokal adalah Rp80 juta pertahunnya.

Biaya tersebut belum termasuk Dana Kelengkapan Akademik (DKA) yang dibanderol sebesar Rp7 juta dan wajib dibayar sebelum masa perkuliahan. “DKA ini hanya dibayar sekali saja sampai mahasiswa menyelesaikan perkuliahannya. Dana DKA ini sudah termasuk seluruh biaya praktikum, almamater dan sebagainya sehingga setelah itu, mahasiswa selanjutnya hanya membayarkan biaya kuliah saja, biaya DKA melalui jalur mandiri lokal dan jalur mandiri golongan internasional sama yakni Rp7 juta,” kata Rektor USU, Syahril Pasaribu, hari ini.

join_facebookjoin_twitter    

Jalur mandiri ini merupakan upaya perguruan tinggi meraup keuntungan lebih. Karena jika dibandingkan dengan mahasiswa yang masuk melalui jalur regular, tentu jauh berbeda. “Jalur regular (melalui SNMPTN, red) setiap mahasiswa dikenakan biaya Rp2 juta pertahun dan DKAnya sebesar Rp4,5 juta. Karena jalur regular sudah ditetapkan pemerintah harganya, sehingga tidak bisa berubah,” terangnya.

Tentunya, biaya yang tinggi ini memang tidak diperuntukkan bagi ekonomi lemah. Hal ini diungkapkan oleh seorang calon mahasiswa yang tengah mencari informasi di FK-USU. “Kalau segitu bang uang kuliahnya, lebih baik aku masuk Akbid saja, walaupun nantinya aku masuk, bayar pake apa?,” kata Hotni Siregar.

“Jumlah daya tampung yang dimiliki USU tahun ajaran 2012-2013 melalui jalur mandiri yakni 1772 orang (40% dari daya tampung yang dimiliki USU). Dari jumlah tersebut program studi Ilmu Hukum (FH) dan Ilmu Kedokteran (FK) adalah prodi yang paling diminati oleh calon mahasiswa,” jelas  Syahril.

Selain jalur mandiri, USU juga membuka pendaftaran melalui  Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) yang mendaftaran mulai 04 Juni-18 Juli 2012.

"UMB-PT 2012 diselenggarakan untuk melakukan seleksi calon mahasiswa di 13 PTN, 8 PTS dan satu International Development Program (IDP)," kata Kepala Humas USU, Bisru Hafi.

"Semua fakultas di USU akan merimaan mahasiswa baru melalui UMB-PT selain Sastra Indonesia, Melayu, Batak, dan Arab serta Etnomusikologi,” terangnya.

Untuk UMB-PT ini, USU menyediakan sekitar dua ribu kursi. Jumlah ini, kata Bisru berdasarkan estiminasi PP 66 tahun 2010 yang menyebutkan, sebanyak 40 persen daya tampung di UMB PT diambil dari jumlah kursi yang tersedia di universitas. Artinya jika daya tampungnya 100 persen, maka 60 persen merupakan kursi yang disediakan untuk calon peserta dari jalur ujian tulis SNMPTN dan 40 persen diperuntukkan bagi calon peserta dari jalur UMB-PT.

Bisru menambahkan, pada dasarnya teknis pelaksanaan ujian SNMPTN dan UMB-PT tidak jauh berbeda. Pendaftaran melalui Bank BNI dan pendaftaran melaluli online yang di mulai 04 Juni- 18 Juli 2012, mencetak kartu mulai 04 Juni-19 Juli 2012. Ujian tertulis pada tanggal 22 Juli 2012. Sementara pengumuman pada 31 Juli.

Dalam UMB, lanjut Bisru, biaya pendaftaran berbeda-beda mulai dari 175.000 hingga 500.000 tergantung jenis pilihan mahasiswa.

Editor: ANGGRAINI LUBIS
(dat06/wol-irwans)




WARTA KARTUN

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment