Thursday, 03 May 2012 17:02    PDF Print E-mail
Kapal Perintis tenggelam di Pulau Weh
Warta
WASPADA ONLINE

BANDA ACEH - Kapal perintis KM Komodo tenggelam di perairan Ujung Bak U Kota Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh, namun kapten beserta 18 anak buah kapal berhasil di evakuasi ke daratan.

Ketua Radio Amatir Republik Indonesia (RAPI) Kota Sabang Reza Ferdian yang dihubungi dari Banda Aceh, Kamis, mengatakan, sebelum tenggelam, kapal kargo yang telah beberapa kali bersandar di pelabuhan Sabang itu mengalami kerusakan mesin sehingga terdampar di kawasan pesisir Ujung Bak U.

"Diperkirakan kapal itu terdampar di daerah berkarang yang mengakibatkan buritannya pecah sehingga air memasuki lambung dan kapten kapal Suryanto memerintahkan seluruh ABK untuk evakuasi ke daratan," katanya.

Berdasarkan keterangan ABK, katanya, kapal yang tidak memiliki muatan itu berangkat dari Pelabuhan Ulee Lheu, Rabu (2/5) sekitar pukul 12.30 WIB.

Sekitar dua jam kemudian, kapal mengalami kerusakan mesin dan terombang-ambing hingga pesisir Ujung Bak U itu.  "Tadi setelah mengevakusi para ABK, kapten dan 'chief' sempat kembali ke kapal untuk menyelamatkan dokumen namun gagal karena buritan kapal sudah tenggelam," katanya.

Reza mengatakan, tim SAR saat ini tidak dapat menuju lokasi akibat cuaca yang tidak bersahabat.  "Besok pagi kami rencana akan menuju ke lokasi dengan menggunakan kapal penyelamatan untuk melihat kondisi kapal," kata Reza.

Editor: PRAWIRA SETIABUDI
(dat06/antara)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment