Friday, 24 February 2012 22:30    PDF Print E-mail
FKWJ Sumut akan dikukuhkan
Warta
SASTROY BANGUN
WASPADA ONLINE


MEDAN - Walikota Medan Rahudman Harahap didampingi Asisten Administrasi Umum Ceko Wahda Ritongan menerima kunjugan Dewan Pimpinan Wilayah Forum Komunikasi Warga Jawa Sumatera Utara (DPW FKWJ) Sumut dipimpin Ketuanya Djamin Sumitro didampingi Sekretaris Umum Sugiardi bersama unsur pengurus lainnya, di pendopo rumah dinas Walikota Jalan Sudirman Medan, petang tadi.

Kunjungan ini adalah dalam rangka kegiatan deklarasi perubahan organisasi forum komunikasi warga jawa menjadi organisasi kemasyarakat tingkat nasional, serta sarasehan pembangunan budaya dan pengukuhan yang akan dihadiri oleh Gubernur Daerah Istimewa Jogyakarta yang akan digelar pada 2 sampai 4 Maret 2003 di Kota Medan dan Deli Serdang.

Ketua FKWJ Sumatera Utara Djamin Sumitro mengatakan, kunjungan ke rumah dinas  ini adalah merupakan sowan kepada Walikota Medan sehubungan adanya kunjungan Gubernur Daerah Istimewa Jogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono, pada acara deklarasi perubahan organisasi Forum Komunikasi Warga Jawa  menjadi organisasi kemasyarakatan tingkat nasional sekaligus pengukuhan BKR Pembayun sebagai ketua umum FKWJ nusantara.

Selain itu juga dilakukan kegiatan budaya bersama Walikota Medan, dan sekaligus memberikan anugrah sebagai anggota kehormatan Organisasi Forum Komunikasi Warga Jawa, artinya forum komunikasi warga jawa bukanlah jawa etnis yang eksklusif, tetapi hidup dalam suatu kebersamaan dan kemajemukan.

Dalam kegiatan ini juga dirangkai dengan kegiatan sarasehan budaya pembangunan di gedung BPLP, kemudian acara besar di Tanjung Morawa, yang menghadirkan Sultan Hamengkubuwono dan keluarga kesultanan, guna menyaksikan pengukuhan dan deklarsi perubahan FKWJ menjadi organisasi kemasyarakatan tingkat nasional.

 “ Kita berharap semua warga jawa apaupun organisasasinya ikut hadir didalam forum itu, di lapangan Garuda PTPN-II, “ ujarnya.

Walikota Medan Rahudman Harahap dalam kesempatan itu mengatakan, menyambut baik kegiatan yang digelar oleh FKWJ Sumatera Utara, dan di nilai perkembangan silaturahmi warga jawa di kota medan belakangan ini cukup meningkat, dan perakembangan silaturahmi ini sangat positif.

“ Perkembangan silaturahmi etnis Jawa ini cukup meningkat, dan silaturahmi ini saya menilai sangat positif, “ ungkap Rahudman.

Menurutnya, penduduk Kota medan dengan jumlah 2,8 juta jiwa ini terdiri dari berbagai etnis, dan etnis Jawalah yang merupakan mayoritas di Kota Medan, dengan persentasi sebanyak 33,02 persen di bandingkan dengan etnis lainnya seperti, Tapanuli 19,21 persen, Cina 10,65 persen, Mandailing 9,36 persen, Minang 8,60 persen, Melayu 6,59 persen, Karo 4,10 persen, Aceh 2,78 persen dan lainnya 5,07 persen.

Editor: HARLES SILITONGA
(dat17/wol)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment