Friday, 17 February 2012 20:04    PDF Print E-mail
Panwaslu Sumut harus segera Dibentuk
Warta
INDRA WIDYASTUTI
WASPADA ONLINE


MEDAN - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI, Nur Hidayat Sardini meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) segera mempersiapkan perangkat dan sekertariat Panwaslu Sumut untuk menyongsong Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2013 mendatang.

"Sumatera Utara adalah provinsi besar dengan kompleksitas masalah yang cukup tinggi, maka harus ditempatkan secara besar. Untuk itu, perlu perencanaan dan koordinasi yang lebih matang terkait pelaksanaan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur mendatang," kata Sardini saat beraudiensi dengan Plt Gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho, di Kantor Gubernur Sumut, Jum'at (17/2).

Sardini juga mengungkapkan, demi menjamin kualitas pelaksanaan Pemilukada Sumut yang lebih baik, maka perlu disiapkan sejak dini termasuk pembentukan Panitia Pengawas Pemilu. "Harapan kami, minimal bulan Juni 2012 mendatang, Panwaslu di level provinsi hingga kabupaten/kota sudah dapat terbentuk, sehingga dapat mengawasi tahapan Pilgubsu sejak awal," ungkapnya.
 
Dijelaskannya, sesuai dengan UU nomor 15 tahun 2011 tetang Penyelenggaraan Pemilu, Pemerintah Daerah memiliki kewajiban melaksanakan fungsi fasilitasi dan administrasi yang dirumuskan dalam bentuk penyediaan anggaran pelaksanaan Pilkada dalam APBD. Oleh karena itu, Sardini meminta agar pemilihan kepala sekertariat Panwaslu beserta perangkat staf pendukung dan kantor sekertariat dapat segera dilaksanakan. Sedangkan untuk pemilihan anggota Panwaslu, menurutnya, saat ini prosesnya sedang berjalan.

Menanggapi hal tersebut, Plt Gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho menginstruksikan satuan kerja terkait melakukan berbagai persiapan. Diantaranya mempersiapkan sekertariat dan anggaran bagi kebutuhan pembentukan Panitia Pengawas Pemilu.

Editor: PRAWIRA SETIABUDI
(dat06/wol)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment