Wednesday, 10 August 2011 15:42    PDF Print E-mail
LPMP: Sertifikasi bukan hak guru
Warta
WASPADA ONLINE

MEDAN - Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Utara, Bambang Winarji, mengatakan sertifikasi bukan hak bagi seorang guru melainkan bentuk penghargaan atas pengabdiannya dalam pendidikan.

"Itu yang perlu dicamkan, sertfikasi bukan hak, melainkan penghargaan," katanya di gedung DPRD Sumut di Medan.

Menurut Bambang, sertifikasi itu diberikan untuk kalangan guru yang telah memiliki pengabdian dalam bidang pendidikan agar semakin mempunyai kompetensi dalam profesinya.

Disebabkan telah mengabdi tersebut, guru yang bersangkutan diberikan sertifikasi agar memiliki kemampuan lebih baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah masing-masing.

Melalui sertifikasi tersebut, guru-guru yang bersangkutan diberikan hak lain berupa tunjangan yang sama besarnya dengan satu bulan gaji pokok untuk meningkatkan kesejahteraannya.

"Sayangnya, tidak semua daerah mampu memenuhi kuota sertifikasi yang diberikan," katanya.

Untuk tahun 2010, kata dia, Sumut mendapatkan kuota sertifikasi untuk 23.900 guru yang diberikan secara variasi ke 33 kabupaten dan kota di provinsi itu.

Namun sayangnya, banyak kabupaten dan kota yang tidak mampu menyediakan guru yang layak disertifikasi karena tidak memiliki data terkini mengenai jejak pengabdian tenaga pendidik tersebut.

Ia mencontohkan, Dinas Pendidikan Kota Medan yang harus mengembalikan sekitar 200 kuota sertifikasi karena tidak memiliki data tentang guru yang layak mendapatkan penghargaan pendidikan tersebut.

"Dari 23.900 kuota yang diberikan, yang terserap hanya 23.315 sertifikasi. Sumut terpaksa harus mengembalikan 585 kuota," katanya.

Dari data yang dimiliki LPMP Sumut, daerah yang paling siap adalah Kabupaten Deli Serdang karena memiliki data yang akurat mulai dari golongan, pendidikan, hingga usia pengabdian guru-guru yang ada.

"Malah, Deli Serdang dinilai sebagai daerah terbaik dalam penyelenggaraan sertifikasi," kata Bambang.

Editor: PRAWIRA SETIABUDI
(dat06/antara)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment