Home / Fokus Redaksi / Poldasu Gelar Simulasi Sispam Kota Kesiapan Pilkada
WOL Photo

Poldasu Gelar Simulasi Sispam Kota Kesiapan Pilkada

MEDAN, WOL – Memastikan kesiagaan dan kemampuan para personel yang terlibat dalam pengamanan Pesta Demokrasi Pilkada serentak 2018, Polda Sumut melaksanakan gelar Simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota di Lapangan Terbang Lanud Suwondo eks Bandara Polonia Medan, Kamis (8/2).

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting, menyampaikan kegiatan yang diisi 9 simulasi tindakan pengamanan serta patroli gabungan dan parade itu diikuti oleh sedikitnya 1000 personel gabungan TNI/Polri yang akan dilibatkan dalam pelaksanaan Pilkada Serentak pada Juli 2018 mendatang.

Dalam pelaksanaannya, rangkaian kegiatan Sispam Kota itu turut dihadiri para tokoh pemangku jabatan diantaranya Gubernur Sumut T. Erry Nuradi, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw, serta Pangdam I/Bukit Barisan yang diwakili oleh staf ahli Pangdam.

Selain ketiganya sejumlah pejabat terkait lain juga terlihat menghadiri kegiatan tersebut, diantaranya Ketua Pengadilan Tinggi Sumut yang diwakili oleh hakim tinggi, Dan Lantamal diwakili oleh kadismin Pers, Danlanud Soewondo, Dandim 0201/BS Medan juga Ketua KPUD Sumut maupun Ketua Bawaslu Sumut, hingga Ketua DPRD diwakili Ketua Komisi-E dan Para Konsulat Jendral Negara Sahabat.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw, pada kesempatan tersebut menyampaikan, gelar pelaksanaan Sispam Kota itu bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Polda Sumut dalam menghadapi Pilkada serentak 2018 yang akan tiba dalam waktu dekat ini.

Menurut Kapolda, Sispam Kota juga sangat penting untuk dilaksanakan agar para personel yang terlibat dalam pengamanan dapat lebih memahami tugas pokok dan fungsi perannya masing-masing bila mana hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama jalannya pesta demokrasi.

“Simulasi ini akan memberikan penambahan pengetahuan teknis dan pengetahuan tentang tindakan apa yang harus kita lakukan bilamana terjadi suatu gangguan kamtibmas” terang Kapolda Sumut.

Pada rangkaian mekanisme pelaksanaannya, gelar Sispam Kota yang dilakukan terdiri dari 11 tahapan yang simulasi diantaranya mulai dari simulasi pengamanan di kediaman Gubsu, simulasi di Jalan Raya menuju lokasi kampanye, simulasi pam di lokasi kampanye, simulasi pam di TPS, ‎simulasi kotak suara, ‎simulasi lenyandraan, simulasi ancaman bom, simulasi pam Kantor KPU, dan simulasi masa anarkis dan penjarahan hingga patroli bersama TNI dan Polri dan pertunjukan ‎parade devile.

Kegiatan simulasi yang terbilang menegangkan, meskipun merupakan bagian dari latihan dan persiapan pam pilkada serentak tersebut diakhiri dengan acara apel konsolidasi dan foto bersama para personel gabungan.(wol)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Medan Bak Lautan, Ini Komentar Pedas Warga

MEDAN, Waspada.co.id – Hujan yang mengguyur Kota Medan, Deliserdang dan sekitarnya tadi malam hingga pagi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: