Home / Fokus Redaksi / Berbagi Cerita, Ceria, dan Cinta Bersama Sigi
WOL Photo

Berbagi Cerita, Ceria, dan Cinta Bersama Sigi

MEDAN, WOL – Taraf kualitas hidup masyarakat Indonesia yang masih rendah telah mengundang banyak perhatian, terutama pada kualitas dibidang pendidikan. Selain perhatian dan upaya dari pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, ada komunitas yang juga peduli akan hal ini, yaitu komunitas Sahabat Indonesia Berbagi atau akrab disebut Sigi.

Sigi adalah komunitas yang fokus bergerak untuk berbagi edukasi pada anak anak di Indonesia yang kurang mampu. komunitas yang berdiri sejak tahun 2012 ini telah banyak melakukan aksi edukasi kepada anak-anak di Medan dan sekitarnya.

Selain fokus edukasi, Sigi juga ikut andil dalam aksi bantuan bencana alam seperti bencana alam Gunung Sinabung dan asap Riau yang sedang terjadi saat ini. Aksi untuk berbagi telah menjadi ruh dalam komunitas ini dan rencananya dalam waktu dekat akan melakukan aksi berbagi kembali dengan tema “Sigi National Gathering” dalam rangka hari jadi komunitas tersebut.

Desi Anggreani Barus, anggota Sigi, menjelaskan acara ini adalah peringatan hari jadi Sigi ketiga. Sebelumnya, acara ini telah dilakukan di Makassar dan Depok sedangkan kini giliran Kota Medan diberi kepercayaan melaksanakan gathering nasional ini.

Gathering nasional ini rencananya akan dilaksanakan pada 14-15 November 2015 bekerjasama dengan komunitas Medan Heritage untuk memberikan edukasi lokasi bersejarah di Kota Medan.

“Kegiatan kali ini akan memberikan edukasi kepada masyarakat umum dan adik-adik asuh yang pernah kami kunjungi tentang bangunan bersejarah di Kota Medan, seperti Istana Maimun, Masjid Raya, Lonsum, Kantor Pos, dan lain-lain,” jelas Desi, Kamis (22/10).

Seperti dijelaskan, kegiatan ini terbuka untuk umum dan mereka yang ingin ikut berpartisipasi dapat membayar uang pendaftaran dalam bentuk baju sebesar Rp100-150 ribu. Nantinya, uang pendaftaran akan didonasikan kepada adik-adik asuh Sigi yang ikut dalam kegiatan.

Komunitas yang memiliki visi berbagi cerita, ceria, dan cinta ini terlihat sangat bersemangat untuk mempersiapkan kegiatan positif ini. Yudhi Septian menyebutkan tujuan kegiatan ini untuk menunjang pendidikan non formal dan memperkenalkan komunitas ini kepada masyarakat, agar banyak yang bergabung dan ke depan makin banyak yang ikut berbagi untuk anak-anak kurang mampu.

Selain memperkenalkan lokasi bersejarah di Kota Medan, Sigi juga akan memperkenalkan makanan khas Medan yang dimasak bersama adik-adik asuhnya. Ditanya mengenai harapan komunitas ini, Yudhi menegaskan bahwa Sigi berharap agar pendidikan di Indonesia membaik dan membuat masyarakat terbiasa untuk berbagi. Apalagi, kegiatan seperti ini terlihat jarang dilakukan oleh masyarakat biasa.

“Jadi sudah seharusnya kita sebagai rakyat Indonesia mendukung dan memajukan pendidikan Indonesia. Ayo, segera bergabung dengan kegiatan ini! Semoga hal kecil yang kita lakukan bersama akan memberi dampak luar biasa,” ajak Yudhi mengakhiri pembicaraan dengan Waspada Online.(wol/sari/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Sekar Nasly, Jadi Juara Foto Berawal Dari Iseng

MEDAN, WOL – Berawal dari iseng coba-coba ikut kompetisi, hasil jepret dara cantik satu ini ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: