Home / Fokus Redaksi / AKP Ichwan Lubis Terancam
Istimewa

AKP Ichwan Lubis Terancam

JAKARTA, WOL –  Mabes Polri telah melakukan koordinasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk menentukan kelanjutan kasus Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Belawan, Kepolisian Daerah Sumatera Utara,  AKP Ichwan Lubis yang ditangkap terkait dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dari sindikat peredaran narkoba Malaysia-Aceh-Medan-Jakarta.

Walaupun belum memutuskan tindakan hukum dan tindakan disiplin, Mabes Polri dan BNN bekerja sama dalam mengusut kasus tersebut.

“Divisi Propam sudah berkomunikasi dengan BNN. Nanti dilihat hasilnya apakah terkait narkoba atau tidak. Sanksinya tergantung bentuk pelanggarannya,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigjen Pol Agus Rianto, di Mabes Polri, Jakarta, Senin (25/4/2016) seperti dilansir Antara.

“Kalau terbukti (tindak) pidana ya kena (hukuman) pidana. Kalau (pelanggaran) kode etik ya bisa kena (hukuman) disiplin juga,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian RI, Jenderal Polisi Badrodin Haiti berjanji akan  memproses secara hukum anggotanya AKP  Ichwan Lubis.

“Begini, siapapun yang terlibat narkoba kita proses hukum. Apakah itu pengedarnya, apakah itu yang membekingi,” kata Badrodin di Kantor Menko Polhukam, Jakarta, Senin (25/4/2016) mengutip Liputan6 SCTV.

Namun, nada bicara Badrodin berubah saat ditanya terkait ancaman hukuman bagi AKP Ichwan karena keterlibatannya dalam dalam kasus narkoba.

“Tanya hukumannya? Ya tanya pengadilan sana. Kan sudah jelas hukumannya, tanya saya. Undang-undang jelas pelanggaran, penyuapan. (Hukuman mati) kamu tanya yang enggak-enggak saja,” ujar Badrodin.

Menurut dia, Polri akan bekerja sama dengan BNN soal kasus ini, seperti yang sudah terlaksana selama ini. Dia menilai koordinasi antarlembaga sudah cukup baik.

“BNN polisi juga kan. Kan sudah seringkali waktu penangkapan koordinasi. Membongkar kasus juga koordinasi,” pungkas Badrodin.

Badan Narkotika Nasional menahan Kepala Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resor Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara, AKP Ichwan Lubis terkait dugaan tindak pidana pencucian uang, Kamis (21/4/2016).

Kabaghumas BNN RI Kombes Pol Slamet Pribadi, mengatakan, Ichwan diduga menerima uang sejumlah Rp2,3 miliar dari salah satu bandar besar narkoba di Sumatera Utara.

Bandar besar tersebut adalah Ah yang ditangkap BNN di Kota Medan karena memiliki 20,6 kg sabu-sabu dan merupakan kaki tangan Toni alias Toge, narapidana kasus narkoba yang ditahan di Lapas Lubuk Pakam yang memiliki ruang KTV di Lapas Pakam.

AKP Ichwan Lubis kemudian ditahan BNN  dan dinyatakan tersangka dalam kasus TPPU.(hls/data1)

Check Also

Kapoldasu Bersama 15 Ribu Jamaah Shalat Gaib Doakan Korban Bencana Alam dan Lion Air JT 610

MEDAN, Waspada.co.id – Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, bersama 15 ribu jamaah melaksanakan Shalat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: