Home / artikel / Resensi Buku: Komunikasi Kesehatan, Sebuah Pengantar Komprehensif

Resensi Buku: Komunikasi Kesehatan, Sebuah Pengantar Komprehensif

Oleh:
Nadra Ideyani Vita – STIK-P Medan
Waspada.co.id – Komunikasi kesehatan merupakan salah satu bidang Ilmu Komunikasi yang diminati saat ini. Hal itu sesuai perkembangan bidang komunikasi terkait dengan kemajuan dunia kesehatan. Untuk memperlancar pekerjaan petugas kesehatan dibutuhkan kemampuan komunikasi yang baik.

Dimulai dari komunikasi antar pribadi, hingga komunikasi bermedia, serta promosi kesehatan harus dapat dilakukan oleh petugas yang bekerja di dunia kesehatan.

Buku berjudul ‘Komunikasi Kesehatan : Sebuah Pengantar Komprehensif ‘ akan mengajak pembaca untuk memahami pentingnya komunikasi dalam dunia kesehatan. Keberhasilan petugas kesehatan dalam melayani pasien tidak lepas dari kegiatan komunikasi.

Buku yang dikarang oleh Fajar Junaedi dan Filosa Gita Sukmono ini mengasah kemampuan komunikasi petugas kesehatan menjadi penting dalam menjalankan tugas. Layanan promosi kesehatan dari organisasi kesehatan, rumah sakit dan petugas kesehatan harus dapat dikemas sedemikian rupa agar informasi yang sampai itu dapat dimaknai oleh masyarakat.

Pembaca diharap dapat mengenal dan memahami tentang komunikasi kesehatan, mulai dari model-model komunikasi yang berlangsung dilapangan. Teori-teori komunikasi yang terkait dengan dunia kesehatan disertai dengan ilustrasi guna memudahkan untuk memahami teori dan aplikasinya.

Buku komunikasi kesehatan masih minim di Indonesia, buku ini mencoba untuk memberikan suatu yang berbeda, bagi mahasiswa ilmu komunikasi, mahasiswa ilmu kesehatan seperti, kedokteran, keperawatan, kebidanan, kesehatan masyarakat. Diharapkan petugas kesehatan dapat memahami kompetensi komunikasi begitu penting saat berinteraksi didunia kesehatan.

Kelebihan : Buku ini akan cepat dipahami karena menggunakan bahasa yang mudah dicerna, juga dilengkapi dengan uraian yang ringan disertai dengan ilustrasi dan contoh kasus yang ada di dunia kesehatan Indonesia.

Kekurangan; diharapkan contoh kasus dapat lebih banyak ditampilkan serta dikaitkan dengan berbagai teori dan model komunikasi yang berkembang. (**)

Sumber: Komunikasi Kesehatan: Sebuah Pengantar Komprehensif (2018), PT. Prenadamedia Group

Check Also

Pentagon: Lebih 30 Ribu Militan, ISIS siap bangkit lagi di Irak dan Suriah

WASHINGTON, Waspada.co.id – Menghancurkan ISIS tampaknya lebih sulit daripada yang dibayangkan Amerika Serikat serta para ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: