Breaking News
Home / artikel / Pesona Alam Sumatera Utara Berpotensi Jadi Destinasi Halal
(WOL Photo)
(WOL Photo)

Pesona Alam Sumatera Utara Berpotensi Jadi Destinasi Halal

Oleh
Maya Fajarwati

WOL Industri halal merupakan sektor potensial bagi parapelaku bisnis di dunia pasar halal. Industri halal juga memiliki prospek yang menjanjikan untuk pertumbuhan ekonomi. Salah satu sektor industri halal yang trend saat ini adalah wisata halal.

Wisata halal sama seperti wisata pada umumnya, hanya saja wisata ini memiliki konsep dimana fasilitas yang ada memudahkan wisatawan muslim untuk memenuhi kebutuhan wisata mereka. Kebutuhan itu diantaranya, tempat beribadah yang nyaman, rumah makan bersertifikasi halal, lingkungan ramah keluarga dan lain sebagainya.

Indonesia yang bernotabene penduduk mayoritas muslim seharusnya bisa menjadi pangsa pasar halal dengan memanfaatkan seluruh potensi sumberdaya yang ada, terutama pada keindahan alamnya.Kita ketahui saat ini terdapat provinsi-provinsi yang telah menjadi destinasi halal di Indonesia seperti, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Barat dan Aceh.

Sangat disayangkan luasnya negara Indonesia dengan segala keindahannya, namun masih sedikit parawisata yang menjadi destinasi wisata halal. Dengan melihat kenyataan yang ada sebenarnya banyak daerah yang berpotensi menjadi tujuan wisata halal, Sumatera Utara salah satunya.

Sumatera Utara adalah provinsi yang terbilang luas, memiliki kekayaan alam melimpah dan harus dilestarikan. Peran pemerintah dan masyarakat sangat diperlukan untuk pemanfaatan kekayaan tersebut. Pesona alam Sumatera Utara dengan ibu kota yang terletak di kota Medan ini sungguh luar biasa.

Banyak pilihan tempat untuk berwisata di Sumatera Utara beberapa diantaranya, Danau Toba, Air Terjun Gibeon, Air Terjun Sipiso-piso, Danau Linting, Masjid Raya Al-Mashun, Istana Maimun, Cagar Alam Sibolangit, Kampung Keling, Gunung Sibayak, Bukit Lawang dan berbagai tempat wisata menarik lainnya.

Dengan pesona alam tersebut berpeluang besar menjadikan Sumatera Utara sebagai tujuan destinasi wisata halal jika memenuhi standar acuan wisata halal di dunia. Apa saja standar yang harus dipenuhi? Berikut akan djijelaskan dengan singkat.

WOL Photo
Terdapat tiga kelompok kriteria wisata halal berdasarkan indikator Global Muslim Travel Index (GMTII), kurang lebih sebagai berikut:

1.    Destinasi Ramah Keluarga.
Yakni tempat yang nyaman untuk dikunjungi oleh keluarga, keamanan umum bagi wisatawan dan banyak jumlah muslim yang berkunjung.

2.    Layanan dan Fasilitas di Destinasi yang Ramah Muslim
Yaitu terdapat berbagai pilihan makanan yang telah bersertifikasi halal dan thoyyib. Menyediakan tempat beribadah yang baik dan nyaman. Kemudian fasilitas di bandara yang ramah Muslim serta akomodasi dan trasnportasi yang memadai.

3.    Kesadaran Halal dan Pemasaran Destinasi
Memiliki kemudahan pilihan akomodasi seperti transportasi dan hotel yang sesuai dengan wisatawan Muslim tentunya. Misalnya tersedianya perlengkapan ibadah serta penujuk arah kiblat di kamar hotel serta toilet yang menggunakan air.
Pada uraian indikator diatas sebagian besar telah dipenuhi oleh Sumatera Utara, maka Saya meyakini provinsi pemilik Danau Toba itu telah siap menjadi destinasi wisata halal selanjutnya.

Namun lagi-lagi peran pemerintah begitu menentukan. Sebab dengan indikator tersebut destinasi wisata halal harus memiliki komitmen di tingkat pemangku kepentingan dan masyarakat, dalam hal ini adalah pemerintah.

Kolaborasi pemerintah dan masyarakat sangat diperlukan untuk mendukung keberadaan destinasi wisata halal di Indonesia. Jadi dibutuhkan komunikasi yang baik diantara keduanya agar memudahkan persiapan kita menuju pusat destinasi wisata halal.

Oleh karena itu Saya mengajak seluruh khalayak agar berjuang bersama menjadikan Negara kita sebagai pusat destinasi wisata halal, minimal untuk wilayah Asia.Tujuannya bukan semata-mata meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara, melainkan juga ekonomi masyarakat didaerah tersebut. (**)

Penulis adalah Mahasiswi STEI SEBI Sawangan, Depok

Check Also

INILAH-utama

Inilah Lima Penginapan Unik di Bali

WOL – Sadar menjadi destinasi wisata dunia, Pulau Bali benar-benar terus membenah diri dan menghadirkan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.