Breaking News
Home / Artikel Pembaca / Tenaga Kerja Kabupaten Batu Bara Didominasi Lulusan SD

Tenaga Kerja Kabupaten Batu Bara Didominasi Lulusan SD

Oleh:
Rohma Santi Saragih, SST

WOL – Berdasarkan data ketenagakerjaan yang dirilis Badan Pusat Statistik Kabupaten Batu Bara (Sakernas 2015), di mana jumlah angkatan kerja mencapai 155.514 orang. Angkatan kerja terdiri dari penduduk usia kerja yang bekerja dan pengangguran.

Sedangkan bukan angkatan kerja yang pada periode hunjukan tidak mempunyai/melakukan aktivitas ekonomi, baik karena sekolah, mengurus rumah tangga atau lainnya (pensiun, penerima transfer/kiriman), penerima deposito/bunga bank, jompo atau alasan lain).

Dari jumlah angkatan kerja tersebut, sebesar 45,28% masih didominasi oleh lulusan SD dan SD ke bawah, berpendidikan SLTP/sederajat sebesar 24,50% dan SMU/sederajat sebesar 23,74%. Sedangkan lulusan Diploma dan Universitas hanya berjumlah 6,47%. Komposisi jumlah angkatan kerja di atas tentunya tantangan berat untuk bisa bersaing secara global. Juga sangat rentan menimbulkan masalah sosial yang gawat.

Penduduk yang berumur 15 tahun ke atas yang bekerja sebanyak 145.679 orang, sedangkan pengangguran mencapai 9.835 orang. Berdasarkan pendidikan tertinggi yang ditamatkan, sebanyak 67.849 jiwa penduduk berumur 15 tahun ke atas yang bekerja dengan pendidikan SD/sederajat dan SD kebawah.

Sebanyak 35.652 orang yang menamatkan pendidikan SLTP/sederajat, 33.388 orang yang menamatkan pendidikan SMU/sederajat, dan hanya sebanyak 8.790 orang yang menamatkan pendidikan Diploma dan Universitas.

Grafik Persentase Penduduk Kabupaten Batu Bara Berumur 15 Tahun ke Atas Yang Bekerja Menurut Pendidikan Tertinggi Yang Ditamatkan Tahun 2015

grafik1-ok
Jumlah angkatan kerja yang tinggi serta tingkat pendidikan dan ketrampilan yang rendah membuat mayoritas penduduk Batu Bara masih bergantung pada sektor yang relatif sederhana dan menyerap banyak tenaga kerja. Maka bukanlah hal aneh jika penduduk Batu Bara hampir selalu memprioritaskan sektor pertanian.

Bila dirinci menurut lapangan pekerjaan utama, mayoritas penduduk bekerja di sektor pertanian yang mencapai 67.224 orang (46.15 %). Kemudian sektor perdagangan dan jasa-jasa sebanyak 56.119 orang (38.52 %) serta sisanya sektor perindustrian sebanyak 22.336 orang (15.33 %).

Grafik Jumlah Penduduk Kabupaten Batu Bara Berumur 15 Tahun ke Atas Yang Bekerja Menurut Lapangan Pekerjaan Utama Tahun 2015

grafik2-ok
Menurut status pekerjaan utama, penduduk berumur 15 tahun ke atas yang bekerja kebanyakan berstatus sebagai buruh/karyawan, yakni sebanyak 51.027 orang, kemudian yang berusaha sendiri sebanyak 29.977 orang, berusaha dibantu buruh tidak tetap/buruh tidak di bayar sebanyak 29.675 orang, pekerja tak dibayar sebanyak 6.946 orang, pekerja bebas pertanian sebanyak 13.130 orang, dan sebanyak 11.525 orang yang berstatus sebagai pekerja bebas non pertanian.

Jumlah tersebut banyak karena penduduk dengan latar belakang pendidikan SD ke bawah cenderung tidak memilih dalam mencari pekerjaan. Ini sikap yang berbeda dengan lulusan
perguruan tinggi yang lebih memilih pekerjaan yang ingin digeluti. Kebanyakan para pekerja dengan lulusan SD kebawah ini bekerja di sektor informal. Biasanya, pekerjaan di sektor formal tidak dapat menyerap mereka, selanjutnya mereka hanya akan bekerja di sektor informal.

Penduduk yang bekerja di kegiatan informal sebanyak 91.253 orang, kebanyakan penduduk yang bekerja di kegiatan informal berpendidikan SD/sederajat dan SD kebawah sebanyak 57,18 persen, SLTP/sederajat 25,18 persen, SMA/sederajat 16,62 persen dan yang berpendidikan tamatan Diploma/ Universitas hanya sebanyak 1,02 persen.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa:

1. Mayoritas angkatan kerja di Kabupaten Batu Bara berpendidikan SD yang masih tergantung pada sektor yang relatif sederhana dan menyerap banyak tenaga kerja. Sehingga selalu memprioritaskan pada sektor pertanian

2. Sektor pertanian menyerap tenaga kerja paling banyak dari sektor yang lain di Kabupaten Batu Bara

3. Pekerjaan di luar sektor pertanian memerlukan ketrampilan dan pendidikan yang tinggi oleh karna itu penduduk Batu Bara banyak yang berkecimpung di sektor pertanian yang menandakan pendidikan dan keterampilan angkatan kerja masih tergolong rendah. **

Penulis adalah pegawai Fungsional Statistisi di Badan Pusat Statistik Kabupaten Batu Bara

Check Also

WOL Photo

Gubsu Lantik Bukit Tambunan Jadi Pj Bupati Tapteng

MEDAN, WOL – Gubernur Sumatera Utara, HT Erry Nuradi, melantik Kepala Dinas Tenaga Kerja dan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.