_
Home / Artikel Pembaca / Strategi Perdagangan Ala Rasulullah

Strategi Perdagangan Ala Rasulullah

Resensi ‘Buku 77 Cara Sukses Bisnis Ala Rasulullah’

Oleh

Lismaini Agustin

Waspada.co.id – Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam menghabiskan masa lebih dari separuh usianya untuk berdagang. Rasulullah yang menjadi tokoh besar sejarah peradaban dunia ini memiliki berbagai sisi kehidupan. Bukan hanya sebagai nabi akhir zaman untuk Umat Uslam, tetapi juga sosok teladan yang pantas ditiru oleh semua manusia tanpa ada batasan suku, negara, bahkan agama.

Berdagang merupakan salah satu cara manusia mencari nafkah. Namun, dalam perdagangan akan selalu ditemui risiko kerugian. Risiko ini harus diminimalkan agar usaha perdagangan terus-menerus berkelanjutan. Usaha yang terus-menerus berkelanjutan adalah salah satu tanda bahwa pedagang tersebut telah mencapai kesuksesan.

Banyak pedagang yang bertebaran di muka bumi ini, namun tidak semua pedagang mencapai kesuksesan. Ada sebagian pedagang yang tiba-tiba menutup usahanya. Untuk mempertahankan suatu usaha perdagangan bukanlah hal yang mudah. Diperlukan beberapa trik agar usaha perdagangan ini terus-menerus mendatangkan keuntungan.

Modal utama yang sangat penting dalam berdagang adalah ilmu dan akhlaq. Sebagai umat islam,kita bisa mengikuti jejak Rasulullah sebagai pedagang yang sukses dan berbisnis sesuai dengan syariat Islam yang menguntungkan.

Salah satu kisah seorang sahabat Rasulllah sebagai pedagang sukses yang bernama Abdurrahman bin Auf, seorang laki-laki yang datang ke Madinah  dengan bermodalkan pakaian di badan. Dalam tempo satu tahun, beliau mampu menjadi golongan orang terkaya di Kota Madinah.

Pada saat Abdurrahman bin Auf ikut hijrah ke Madinah, beliau meninggalkan semua aset dan usahanya di Kota Makkah. Semua ini semata-mata untuk mengikuti perintah Allah Subhanahu wata’ala  dan Rasul-Nya. Sesampainya di kota Madinah, beliau ditawarkan harta, tetapi beliau menolak.beliau hanya minta ditunjukkan letak pasar. Dengan sikap dan sifat kejujuran  sebagai modal, akhirnya beliau kembali menjadi pedagang yang kaya raya.

Buku yang berjudul ’77 Cara Sukses Bebisnis Ala Rasulullahmerupakan pilihan yang tepat untuk memulai berbisnis sesuai dengan jejak Rasulullah dan syari’at islam. Buku yang ditulis oleh Aulia Muthiah dan diterbitkan oleh Tinta Medina pada tahun 2018.

Buku ini terdapat 352 halaman, yang menceritakan tentang bagaimana Rasulullah menjemput rezeki meraih surga? bagaimana cara Rasulullah dalam berdagang dan berbisnis bersama allah? Serta  terdapat penjelesan cukup lengkap tentang rambu-rambu larangan berdagang.

Buku ini dapat memotivasi anda untuk menjadi pedagang yang sukses. Ingin bisnis anda menjadi berkah? Ingin masuk surga lewat bisnis? Ingin menjadi pedagang sukses yang hakiki? Semua akan terjawab dalam buku ini.

Buku ini juga sangat cocok untuk pembisnis mulai dari kaum tua maupun kaum muda, pendidikan rendah hingga tinggi, karena bahasa yang digunakan cukup mudah dipahami. susunan paragraf yang rapi dan penuh warna yang menambah nuansa kemewahan.

Dalam buku ini terdapat kiasan-kiasan, ayat-ayat Al Qur’an dan hadist-hadist rasul, serta hukum-hukum berdagang menurut syariat Islam. Untuk membacanya pun kita tidak mudah bosan dan jenuh, karena terdapat cerita-cerita pendek inspiratif yang dapat membangun jiwa seseorang untuk membangun strategi perdagangan.

Serta dilengkapi dengan kajian ilmu fiqih yang tersusun menjadi 77 pembahasan. Buku ini sudah cukup bagus dan lengkap. Tetapi, didalamnya juga terdapat beberapa diksi yang kurang tepat.

Terlepas dari hal tersebut, Buku ini layak untuk dibaca bagi orang-orang yang sedang berbisnis maupun yang baru menjalankan bisnisnya. (**)

Peresensi adalah Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara

Check Also

17 Pemda di Sumut Dapat Penghargaan dari Kementerian Keuangan

MEDAN, Waspada.co.id – Sebanyak 17 Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Sumut menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.