Home / Artikel Pembaca / Meningkatkan Lesunya Perekonomian di Indonesia Saat Ini

Meningkatkan Lesunya Perekonomian di Indonesia Saat Ini

WOL Perekonomian global saat ini mengalami penurunan pada kuartal I tahun 2015, begitupula dengan Indonesia yang hanya 4,7% pada kuartal I 2015, di bawah ekspektasi yang diharapkan 4,9% dan pada tahun sebelumnya di kuartal yang sama perekonomian di Indonesia ada di angka 5,2%.

Seiring dengan melemahnya perekonomian, pemerintah mendapatkan persetujuan baru mengenai APBN-Perubahan (APBN-P) di bulan Februari tahun 2015. Untuk mencapai target APBN-P sebesar 5,7%, maka setiap kuartal ekonomi harus tumbuh sekitar 6,03%.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan gairah perekonomian di Indonesia adalah dengan membangun infrastruktur, hal senada ini disampaikan oleh Presiden jokowi dalam mempercepat pembangunan infrastruktur di Indonesia yang sudah direncanakan sebelumnya, seperti: Program Sejuta Rumah, proyek listrik 35.000 watt, Jalan Tol Trans Jawa, Jalan Tol Trans Sumatera. Dengan adanya proyek raksasa ini diharapkan mampu mendorong perekonomian di Indonesia untuk tumbuh.

Lesunya perekonomian mendorong inflasi yang meningkat, hal ini masih akan terjadi pada saat menjelang dan memasuki bulan Ramadhan. Saat ini pemerintah sedang mengendalikan dan mengantisipasi inflasi yang terjadi.

Penurunan juga terjadi pada sisi ekspor Indonesia, di mana terlihat pada kelompok tambang seperti batu bara, dan produk-produk seperti tekstil, mesin dan peralatan listrik, furniture dan palm oil.

Lesunya ekonomi membuat para pesaing dari Negara lain melakukan banting harga. Menurut Menteri Perdagangan, Rahmat Gobel, untuk mengatasi hal tersebut produk  Indonesia tidak perlu menurunkan harga tetapi meningkatkan kualitas, selain itu pemerintah akan melakukan market intelligence, di mana Indonesia akan lebih menyortir barang yang akan diproduksi sehingga akan lebih tepat sasaran. (****)

Penulis: Riezka Susanty
Mahasiswi S2 Magister Bisnis Administrasi Institut Teknologi Bandung (ITB)
Email: riezkasusan@gmail.com

Check Also

USU Pastikan Tidak Ada Ancaman Lingkungan Proyek PLTA Batangtoru

TAPSEL, Waspada.co.id – Tim ilmuwan Universitas Sumatera Utara (USU) memastikan tidak ada ancaman lingkungan atas ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: