Home / Artikel Pembaca / Memupuk Ahli Bidang Komunikasi di USM

Memupuk Ahli Bidang Komunikasi di USM

Oleh: Dr Nik Norma Nik Hasan

PENANG, Waspada.co.id – Universiti Sains Malaysia (USM) yang terletak di Penang hanya berjarak 45 menit dari Kota Medan, Indonesia. Kedekatan jarak tersebut turut menjadi salah satu alasan banyak pelajar maupun mahasiswa internasional dari Sumatera datang ke Penang atau lebih dikenal sebagai Mutiara dari Timur.

Kedatangan mereka bukan hanya sekadar melancong, namun juga melanjutkan studi khususnya di School of Communication USM. Ilmu komunikasi pertama kali diperkenalkan di Malaysia oleh USM pada tahun 1971 silam. Hanya saja, School of Communication baru muncul pada 1993 setelah mata kuliah ilmu komunikasi telah dipelajari lebih dari dua dekade.

Kini, School of Communication USM telah menjadi salah satu program studi terbaik di Malaysia. Tercatat, School of Communication USM menempati ranking tertinggi di negeri tetangga kita dalam bidang media dan komunikasi. Para lulusannya pun telah menjadi sosok-sosok berpengaruh dan berkontribusi banyak pada bidang sosial, budaya, dan ekonomi demi kesejahteraan masyarakat.


Di antaranya adalah dua sutradara muda terkenal. Shanjhey Perumal merupakan pemenang Sutradara Terbaik pada Festival Film Malaysia 2016 dan Adrian Teh yang baru saja mencapai keuntungan 30 juta ringgit (setara Rp105 miliar) berkat karya film box office-nya berjudul “Paskal The Movie”. Keduanya juga lulusan dari School of Communication USM dan contoh dari nama-nama sukses di dunia industri film.

Selebihnya sudah memberi kontribusi yang signifikan di bidang masing-masing. Ada yang menjadi pemimpin terkemuka di industri media, politik, public relations hingga bidang akademik itu sendiri. Di Medan, lulusan komunikasi USM mayoritas terdiri atas kalangan akademisi, namun ada juga dari kaum profesional di industri media.


Kami mendesain program S-1 untuk memastikan mahasiswa mampu mengenal dan fasih menguasai berbagai tradisi, pendekatan maupun trend di bidang media dan komunikasi. Mahasiswa bebas memilih spesialisasi di Ilmu Jurnalistik, Komunikasi Persuasif atau Film dan Broadcasting. Dalam tempo empat tahun, kami akan bina mahasiswa menjadi ahli atau pemimpin di bidangnya sesuai bakat dan minat masing-masing.

Bilamana Anda sudah lulus SLTA, ingin mengetahui lebih lanjut tentang sistem belajarnau atau bahkan sudah punya minat studi di Malaysia, silakan kunjungi situs http://www.admissions.usm.my/index.php/undergraduate-international-student/intensive-language-courses. Anda juga bisa email ke Dr Nik Norma Nik Hasan di niknorma@usm.my.

*Penulis adalah Deputy Dean (Academic) School of Communication USM

Check Also

Eks Komisioner KPU yang Curhat ke Sandi sebagai Petani Bawang Dipenjara

  BREBES – Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Brebes bernama Subkhan harus berurusan dengan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: