Newsticker
WOL / artikel / Isi Ulang Pengetahuan Masyarakat Tentang Program KB Melalui Media Sosial
Media Sosial

Isi Ulang Pengetahuan Masyarakat Tentang Program KB Melalui Media Sosial

Oleh:
Ari Armawan, S.Kom

WOL – Media sosial saat ini menjadi sarana yang paling ampuh dalam melakukan promosi dan penyebaran informasi kepada masyarakat. Dengan menggunakan media sosial memungkinkan setiap orang untuk berinteraksi dan berbagi informasi tanpa dibatasi ruang dan waktu, kapan dan dimana saja setiap orang bebas untuk berinteraksi.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia tahun 2016 mencapai 132,7 juta.

Kondisi ini tentu harus dapat dimanfaatkan dengan baik oleh penggiat Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam melakukan promosi dan penyebaran informasi program kepada masyarakat.

Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Utara sebagai lembaga pemerintah yang bertugas dalam melaksanakan Program KKBPK di Provinsi Sumatera Utara berupaya keras dalam memperkuat dan meningkatkan advokasi dan KIE Program KKBPK kepada masyarakat, salah-satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial.

Saat ini Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara memiliki account di beberapa media sosial antara lain: Fanpage Facebook (Advokasi Bkkbn Sumut), Instagram (advokasi_bkkbn_sumut), Twitter (@AdvBKKBNSumut) dan website: sumut.bkkbn.go.id.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara serta informasi program dipublish melalui berbagai media tersebut, sehingga masayarakat dapat mengetahui pentingnya ikut Program KB dalam mewujudkan keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera.

Selain itu BKKBN juga telah menjalin kerjasama dengan JHU-CCP untuk membuat aplikasi SKATA, yang dirancang untuk membatu dalam perencanaan keluarga, mulai dari memproyeksi kehidupan berkeluarga dengan mengkalkulasi jumlah anak yang diinginkan, penjelasan mendetail tentang alat kontasepsi serta lokasi bidan terdepat. Aplikasi SKATA dapat didownload secara gratis melalui Google Store dan App Store.

Semoga dengan semakin gencarnya pemberitaan tentang Program KKBPK, menjadikan masyarakat sadar akan pentingnya turut serta dalam Program KKBPK untuk wujudkan Indonesia yang Sejahtera. Ayo Ikut KB, 2 Anak Cukup Bahagia Sejahtera. (wol/**/data1)

Penulis adalah Staf Advokasi dan KIE Perwakilan BKKBN Provinsi Sumut

Baca Juga

WOL Photo/Eko

Melatih Keterampilan Sosial Anak Sejak Dini

MEDAN, WOL – Dalam masa tumbuh kembang anak, terdapat lima hal yang penting dan harus ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.