Breaking News
Home / Artikel Pembaca / Generasi Muda Harus Tonton Kembali Film Sejarah Pemberontakan G30S/PKI
Istimewa
Istimewa

Generasi Muda Harus Tonton Kembali Film Sejarah Pemberontakan G30S/PKI

WOL –  Perlu di ketahui, pemberontakan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) atau juga disebut Gerakan September Tiga Puluh (Gestapu) adalah merupakan sebuah peristiwa yang terjadi pada tanggal 30 September 1965. Di mana enam pejabat tinggi militer Indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh dalam suatu usaha pemberontakan yang disebut dengan sebagai usaha kudeta yang dituduhkan kepada anggota Partai Komunis Indonesia (PKI).

PKI pada tanggal 18 September 1948  pernah melakukan pemberontakan terhadap Pemerintah RI di Madiun. Tujuannya ingin mendirikan negara komunis dengan jalan kekerasan dan pembunuhan. Pada waktu itu banyak para ulama, TNI, tokoh masyarakat serta rakyat yang tidak berdosa lainnya menjadi korban kebiadabannya. Meskipun PKI waktu itu telah berhasil ditumpas oleh TNI bersama rakyat yang setia kepada Pancasila.

Partai Komunis Indonesia saat itu sedang dalam kondisi yang amat kuat karena mendapatkan sokongan dari Presiden Indonesia Pertama, Ir. H Soekarno. Tidak heran jika, usaha yang dilakukan oleh segelintir masyarakat demi menjatuhkan Partai Komunis Indonesia berakhir dengan kegagalan berkat bantuan Presiden kala itu.

Ajakan untuk men-download dan nonton bareng film G30S/PKI menjadi sangat penting bagi generasi muda saat ini. Film yang dibuat sekitar tahun 1980-an, atas prakarsa pemerintah lewat Perusahaan Film Negara (PFN), selama beberapa tahun ini sebenarnya seakan sudah dilupakan masyarakat. Malah Saat ini banyak sekali upaya pemutarbalikan fakta sejarah peristiwa 30 September 1965 seolah olah PKI itu adalah korban dari kekejaman TNI AD, melalui seminar seminar di kantor kantor pegiat HAM atau pegiat keadilan.

Ada beberapa hal menurut saya film ini sangat penting itu di putar kembali. Film berdurasi 4 jam itu menceritakan peristiwa seputar 1965 dan menuturkan pengkhianatan PKI. Kita bisa melihat bagaimana kekejaman yang dilakukan PKI dalam proses kudeta ini atau mau merebut kekuasaan pemerintahan dengan membunuh para jenderal TNI AD. Kelompok PKI lalu menguburkan perwira TNI di Lubang Buaya, Pondok Gede, kemudian mau mengganti Pancasila dengan ideologi komunis. Bagaimana PKI pada saat itu menangkapin para Ulama Ulama?

Sebagai aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Saya meyakini bahwa PKI masih merupakan bahaya laten dan nyata yang ingin terus berusaha merebut kekuasaan Pemerintah RI yang sah. Karena itu PKI harus lenyap dan tidak boleh hidup di negara Indonesia yang berazaskan Pancasila dan UUD 1945.

Saya mengajak seluruh generasi muda bangsa ini untuk ikut memprakarsai nonton bareng film pemberontakan G30 S/PKI. Agar kita bisa melihat dan memperkuat kesadaran kita tentang bahayanya ideologi komunis bagi bangsa ini. Dan kita harus juga mewaspadai mereka yang tersisa masih tetap berbahaya dan akarnya bisa tumbuh sewaktu-waktu.

Medan, 19 September 2017
Anggia Ramadhan

Penulis adalah mantan Ketua Badko HMI Sumut 2013-2015

Check Also

Istimewa

Setnov Sudah Tak Punya Hak di DPR

JAKARTA, WOL – Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI, Ridwan Hisyam mengatakan Setya Novanto ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.