Home / Artikel Pembaca / Cara Unik Tanpa Repot

Cara Unik Tanpa Repot

WOL – Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru.

Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemprosesan, pendistribusian dan pembuatan produk/material bekas pakai, dan komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga dalam proses hierarki sampah 4R (Reduce, Reuse, Recycle, and Replace).

Siapa bilang barang bekas tak dapat dimanfaatkan? Bila kita kreatif, barang bekas dapat kita manfaatkan kembali menjadi sesuatu yang  bermanfaat, setidak-tidaknya bagi kita sendiri. Bahkan, mungkin dapat dijadikan peluang usaha. Kita bisa di sekeliling kita banyak sampah yang berserakan dan kesadaran kita kurang akan hal itu, kita malah lewat begitu saja ketika kita melihat ada sampah didepan mata kita.

Bahkan, yang terlintas dipikiran kita adalah “Kan, itu bukan sampah saya kenapa harus saya yang sibuk memikirkannya dan membuangnya”.Tanpa kita sadari dampaknya bakalan ke kita juga, kalau kita bisa berpikir positif memulai saja dengan hal yang terkecil dari kemauan kita yaitu dengan memisahkan sampah organik dan anorganik sehingga kita tahu mana yang bisa didaur ulang dan tidak.

Kesadaran itu didorong dari diri kita , sehingga tanpa kita sadari kita sudah menyelamatkan banyak orang , dan bagaimana jika itu dilakukan oleh semua orang. Pasti, akan lebih berguna dan berdampak baik untuk kita. Ada berbagai ciptaan yang dapat kita ambil kegunaan dari pengolahan barang bekas. Mulai menggunakan sebagai loka sabun detergen atau berbagai wadah atau loka lain yang biasa kita gunakan. Daripada membeli barang baru yang fungsinya sama maka memanfaatkan barang bekas akan lebih berguna sebab tentunya akan menghemat pengeluaran.

Selain itu juga anda akan ikut mengurangi limbah sampah sebab barang bekas yang dapat diolah kembali tak jadi dibuang. Dengan demikian akan mengurangi jumlah sampah yang ada.

Saya ambil salah satu contoh pembuatan kap lampu hias dari sendok plastik. Barang yang mudah didapat dan juga mudah untuk dilakukan. Untuk yang ingin mencoba membuat lampu hias ini, ada beberapa peralatan serta bahan yang diperlukan seperti di bawah ini:

botol bekas air mineral besar

sendok plastik (lumayan banyak)
lampu
kabel
lem tembak
tang
cutter
gunting
obeng
Langkah 1 : Siapkan peralatan seperti diatas , kemudian patahkan tangkai sendok plastik karena yang dibutuhkan hanya gagang sendoknya .
Inline image

Langkah 2 : potong sisi dasar serta mulut botol plastik memakai cutter serta gunting. Kemudian sendok yang sudah dipotong tempelkan dipinggir botol tersebut menggunakan lem tembak.
Inline image

Langkah  3-4 : posisikan botol plastik agar bisa duduk pada dudukan lampu dengan baik serta tak gampang terlepas. Dan untuk penutupnya pada ujung lampu tersebut sisa dari sendok itu digabungkan kemudian dilengketkan.
Inline image Inline image

Nah, bagaimana setelah melihat hasilnya unik kan. Dan tidak sulit untuk membuatnya , jika anda berminat anda bisa mencobanya dan mengikuti langkah-langkah diatas atau anda juga bisa lebih mengkreasikannya. Dan ini juga menambah hiasan dirumah anda dan akan mengurangi pembuangan sampah .
Penulis:
Novrianti Rotua S
Telf 082167627032

Check Also

Aneh, Rapat Pembahasan R-APBD 2019 Tertutup Untuk Media

MEDAN, Waspada.co.id – Panitia khusus (Pansus) mulai membahas Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (R-APBD) 2019 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: