Newsticker
WOL / artikel / BKB Sebagai Wadah Membina Tumbuh Kembang Balita dan Anak
BKB1

BKB Sebagai Wadah Membina Tumbuh Kembang Balita dan Anak

Oleh:
Ari Armawan, S.Kom
WOL – Anak merupakan anugerah dari sang pencipta yang tidak terhingga, yang harus dijaga dengan cinta dan kasih sayang. Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam membina karakter seorang anak sejak usia dini.

Orang tua sebagai penanggung jawab dalam membina tumbuh kembang anak, untuk menghasilkan generasi emas yang menjadi penentu mas depan bangsa Indonesia.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam pembangunan keluarga memiliki Program Bina Keluarga Balita (BKB).

Bina Keluarga Balita adalah kegiatan yang khusus mengelola tentang pembinaan tumbuh kembang anak melalui pola asuh yang benar berdasarkan kelompok umur, yang dilaksanakan oleh sejumlah kader dan berada ditingkat RW (Pedoman Pembinaan Kelompok Bina Keluarga Balita Tahun 2006).

Melalui kelompok BKB, akan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran ibu serta anggota keluarga keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balitanya melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, sosial, emosional serta moral yang berlangsung dalam proses interaksi antara ibu/anggota keluarga lainnya dengan anak balita.

Sebagai salah-satu provinsi penyangga utama dalam pelaksanaan Program KKBPK, Provinsi Sumatera Utara ditunutun untuk dapat menajalankan Program BKB secara baik. Berdasarkan data yang diperoleh dari Aplikasi Statistik Rutin BKKBN pada bulan Desember 2016, jumlah kelompok BKB yang ada di Sumatera Utara berjumlah 3.317 kelompok dengan jumlah keluarga yang menjadi anggota kelompok BKB sebanyak 142.796 keluarga.

Sementara itu jumlah sasaran kelompok BKB berjumlah 441.687 keluarga, artinya perlu upaya keras yang harus dilakukan oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara untuk dapat meningkatkan jumlah keluarga yang menjadi anggota kelompok BKB.

Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh Petugas KB di tk. lini lapangan (PLKB, PPKBD, Sub PPKBD) untuk terus aktif melaksanakan sosialiasi Program BKB kepada masyarakat yang menjadi sasaran kelompok BKB, menjadikan kelompok BKB sebagai wadah dalam membina tumbuh kembang balita dan anak.

Sehingga, pada akhirnya akan menghasilkan generasi emas dalam mewujudkan Sumatera Utara yang lebih maju dan sejahtera. Salam KB, 2 Anak Cukup Bahagia Sejahtera. (wol/**/data1)

Penulis adalah Staf Advokasi dan KIE Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara

Baca Juga

WOL Photo/chairul sya'ban

Anggota DPR RI Ajak Keluarga Hindari 4 Rumus T

LHOKSUKON, WOL – Anggota Komisi IX DPR RI asal Aceh, Tgk Khaidir, menyebutkan ada empat ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.