Breaking News
Home / Aceh / Warga Datangi Jaksa Tanyakan Dugaan Korupsi Dana Desa Gampong Glok
WOL Photo
WOL Photo

Warga Datangi Jaksa Tanyakan Dugaan Korupsi Dana Desa Gampong Glok

LHOKSUKON, WOL – Masyarakat Desa Glok, Kecamatan Syamtalira Aron, Kabupaten Aceh Utara, yang diwakili aparatur desanya pertanyakan sejauhmana tindaklanjut laporan dugaan  korupsi dana desa tahun 2015 dan 2016 kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Lhoksukon.

Namun saat didatangi, Senin (24/10) kemarin, para aparatur hanya menemui Kasi Intel Kejaksaan, Erning Kosasih SH, di ruang kerjanya. Selain itu, juga menyerahkan lampiran surat bernomor istimewa yang ditujukan kepada Kepala Kejaksaan Negeri Lhoksukon melalui Kasi Intel dengan perihal Permohonan Informasi Tindak Lanjut Laporan tertanggal 20 Oktober 2017.

“Kami memohon informasi atas tindaklanjut laporan dugaan tindak pidana korupsi yang sebelumnya pernah kami sampaikan pada 23 Agustus 2017. Inspektorat Aceh Utara juga telah melakukan pemeriksaan lapangan atas dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan dana desa di Gampong Glok,” ujar Ketua Tuha Peut, Mahmud, yang ditulis Waspada Online hari ini, Selasa (24/10).

Disebutkan, dalam surat permohonan yang disampaikan bahwa masyarakat menjelaskan permintaan informasi tersebut merupakan bagian dari peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana disebutkan pada Pasal 41 ayat (1) dan (2) UU Nomor 31 Tahun 1999 Jo UU Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Dalam hal ini Kepala Kejaksaan Negeri Lhoksukon, Edi Winarto SH, MH melalui Kasi Intelnya, Erning Kosasih SH, mengatakan pihaknya sangat berterimakasih atas kedatangan aparatur Desa Gampong Glok untuk mempertanyakan sejauhmana tindaklanjut kasus dugaan korupsi tersebut.

“Terimakasih bapak-bapak yang telah datang kemari untuk mengingatkan kami, untuk mempertanyakan sejauhmana tindaklanjut informasinya. Nah, dalam hal ini pula kami juga memohon maaf karena kasus dugaan korupsi tersebut masih dalam tahap pengumpulan bahan keterangan ataupun data-data,” jelas Erning.

Setelah selesai tahap pertama, sambung Erning, akan dilanjutkan dengan tahap penyelidikan dan penyidikan. Untuk menyelesaikan kasus semacam itupun tidak semudah membalikkan telapak tangan, maka untuk itu pihaknya meminta masyarakat maupun aparatur Gampong Glok untuk bersabar.

“Kami masih bekerja pak, mohon sabar, dan akan kami tindaklanjuti dugaan kasus tersebut. Kami akan tetap mengupayakan ini, tapi bapak-bapak harap sabar dulu. Data-data juga masih kami kumpulkan, mohon sabar bapak-bapak,” ujar Erning yang sembari mengulangi harapannya untuk agar masyarakat bersabar.

Adapun yang mendatangi Kejaksaan Negeri Lhoksukon kemarin yaitu Ketua Tuha Peut, Mahmud, Wakil Ketua Tuha Peut, Khairunnas beserta anggotanya, M. Nur, mantan bendahara, Abdul Latif, dan tokoh Masyarakat, Jafaruddin.

Pada Agustus 2017, masyarakat Desa Glok telah melaporkan secara tertulis kasus dugaan tersebut kepada Kejaksaan Negeri Lhoksukon dan ditandatangani puluhan masyarakat serta aparatur desa yang dimaksud. Dijelaskan dalam laporan itu bahwa sesuai kejadian dilapangan menurut penilaian masyarakat telah terjadi Penyelewengan uang Negara pada Tahun Anggaran 2016 yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG) yang sampai saat ini belum selesai dilaksanakan.

Adapun beberapa penyelewengan yang dimaksud diantaranya kegiatan rehab Polindes Gampong Glok dengan Anggaran sebesar Rp47.501500, Sedangkan tahap pengerjaannya baru rampung sekitar 50-96 (persen), sampai saat ini tidak dikenakan lagi. Sedangkan 10 Qanun pertanggung jawaban Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Laporan Pertanggung Jawaban APBG Tahun 2016 Tertanggal 15 Januari 2017 telah dilaporkan pengerjaannya.

Maka tidak adanya kesesuaian pengerjaan pembangunan fisik dengan laporan pertanggung jawaban. Kemudian kegiatan pembangunan saluran pembuang dengan anggaran Rp61.167.000 di Dusun Syeh Cut. Dalam APEC 2015 sudah dimasukkan kembali dalam APBG Tahun 2016. Warga menduga ada indikasi proyek fiktif dimana kegiatan tidak dilakukan lagi.(wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

foto: topskor

PSSI Tunjuk Bima Sakti Tangani Timnas U-19

JAKARTA, WOL – PSSI menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih sementara Timnas U-19 ditemani Cristian ‘El ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.