Home / Aceh / Warga Cot Girek Sisihkan Uang Perbaiki Jalan Lintas Cot Girek-Bener Meriah
WOL Photo

Warga Cot Girek Sisihkan Uang Perbaiki Jalan Lintas Cot Girek-Bener Meriah

LHOKSUKON, WOL – Untuk mempermudah akses menuju perkampungan, warga dominan petani menyisihkan sedikit uangnya dari hasil jual pertanian untuk memperbaiki titik-titik kerusakan jalan. Hal itu dilakukan oleh warga dan petani di Dusun Bate Uleu Desa Cot Girek, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara.

Kepala Dusun Bate Uleu, Muhammad Daud H. Yusuf, kepada Waspada Online mengatakan pihaknya turut bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten setempat setelah sebelumnya menyurati Bupati Aceh Utara. Dalam hal ini, Pemerintah setempat melalui Dinas PUPR membantu mengerahkan dua unit alat berat.

Perbaikan jalan dengan menggunakan dua unit alat berat itu telah berjalan sejak Sabtu (07/04). Jalan yang dimaksud terletak di jauh pedalaman dari pusat Kecamatan Cot Girek yang menghubungkan dengan Jalan PT APPI Neubok Tilam Bate Uleu Translok.

“Warga menyisihkan hasil jual pertanian seperti pinang, kakao, kelapa sawit, pisang dan komoditi lainnya demi jalan tersebut agar nantinya mudah dilalui. Jalan yang diperbaiki ini merupakan akses yang setiap saat dilintasi warga, bahkan jalan ini merupakan akses ke dataran tinggi Gayo yaitu Kabupaten Bener Meriah,” kata Daud, yang ditulis Waspada Online, Selasa (10/04).

Sementara itu PJ Geuchik Desa Cot Girek, Samsul Hadi, mengatakan dana yang terkumpul dari masyarakat berjumlah sekitar tiga juta rupiah. Dirinya mengapresiasi warga maupun Kepala Dusun yang berupaya memperbaiki jalan tersebut, sementara jalan yang direhab sepanjang enam kilometer.

“Sebelumnya untuk perbaikan jalan ini kami sudah menyurati Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, dan Alhamdulilah direspon. Sehingga Dinas PUPR membantu mengerahkan dua unit alat berat untuk melakukan perbaikan jalan tersebut, dan tentunya juga difasilitasi oleh Camat Cot Girek,” ujar Samsul Hadi menjawab Waspada Online.

Dalam kesempatan itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara melalui Camat Kecamatan Cot Girek, Maksum Isa dan Mukim Kemukiman Bandar Baro, Tgk. Asnawi turut meninjau lokasi perbaikan jalan tersebut.

“Perbaikan jalan dilakukan dengan mengumpulkan sedikit anggaran dari masyarakat dan bekerjasama dengan Pemkab Aceh Utara. Jalan tersebut menghubungkan antara jalan menuju Kabupaten Bener Meriah dan makam Pahlawan Nasional Cut Meutia. Jadi, di Dusun Bate Uleu ini ramai masyarakat kita yang dominan petani, maka jalan ini layak untuk dibangun baru,” ujar Maksum.

Sementara itu Mukim Kemukiman Bandar Baro, Tgk. Asnawi, mengatakan, sepanjang jalan di Dusun Bate Uleue dan Neubok Tilam kondisinya rusak parah. Maka untuk itu pihaknya bersama masyarakat dan Kepala Dusun serta Pemerintah Kabupaten Aceh Utara berupaya melakukan perbaikan jalan. Pihaknya juga berharap jalan yang sedang diperbaiki nantinya dapat membuka kembali jalan menuju Kabupaten Bener Meriah.(wol/chai/data2)

 Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Pihak Desa Prioritaskan Dirikan Rumah Fatimah Pasca Rumahnya Roboh

LHOKSUKON, Waspada.co.id – Dinas Sosial Kabupaten Aceh Utara menyerahkan sejumlah jenis bantuan masa panik kepada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: