Home / Aceh / Warga Amankan Buaya Seberat 1 Ton di Sungai Arakundo
WOL Photo/Chairul sya'ban

Warga Amankan Buaya Seberat 1 Ton di Sungai Arakundo

IDI RAYEUK, WOL – Seekor buaya yang memiliki panjang sekitar lima meter diamankan warga Desa Teupin Breuh, Kecamatan Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur. Buaya yang diperkirakan memiliki berat sekitar satu ton ini berhasil diamankan, Selasa (13/02) jelang siang.

Kapolres Aceh Timur, AKBP Rudi Purwiyanto melalui Kapolsek Simpang Ulim, Iptu Dasril, mengatakan reptil buas tersebut sebelumnya memang mengkhawatirkan masyarakat setempat sehingga mengambil tindakan untuk mengamankannya.

“Warga resah dan khawatir karena belum lama ini buaya kerap muncul di Sungai Arakundo, hingga akhirnya berhasil diamankan di Muara Malehan Desa Teupin Breuh. Panjangnya sekitar lima meter, dan beratnya itu diperkirakan mencapai satu ton,” ujar Dasril saat dihubungi Waspada Online.

Disebutkan, saat ini buaya tersebut dibawa oleh warga ke Desa Lhokseuntang, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur.

“Kami sudah koordinasikan kepada pihak BKSDA namun saat ini belum sampai kemari. Sementara buayanya sudah dibawa ke Lhokseuntang karena memang lokasi di sana berdekatan dan mudah untuk dilalui,” tukas Dasril.

Sementara itu Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh, Sapto Aji Prabowo, mengatakan sebelumnya pihaknya sudah koordinasi dengan aparat keamanan dan tokoh masyarakat setempat. Untuk saat ini, pihaknya sedang menuju lokasi.

“Tim saya sedang bergerak ke TKP. Kami dari BKSDA Aceh tentunya akan mengevakuasi buaya tersebut tapi perlu persiapan juga untuk tindakan akan kita bawa ke Banda Aceh atau mungkin hanya kami titip rawatkan dulu di hutan Kota Langsa. Tapi memang semua perlu persiapan fasilitas dulu, dan kami minta masyarakat agar buayanya jangan dijaga dan tidak disakiti,” ujar Sapto kepada Waspada Online.

Amatan Waspada Online, hingga jelang sore buaya yang berhasil diamankan warga menarik perhatian masyarakat. Warga berbondong-bondong mendekati buaya yang sudah dalam keadaan terikat untuk diabadikan.(wol/chai)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kantor Gubernur Aceh Disegel KPK

JAKARTA, Waspada.co.id – Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyegel ruang kerja Gubernur Aceh Irwandi Yusuf ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: