Newsticker
WOL / Aceh / Ungkap Gajah Mati, BKSDA Kumpulkan Bukti dan Sample Isi Perut Gajah
WOL Photo/chairul sya'ban
WOL Photo/chairul sya'ban

Ungkap Gajah Mati, BKSDA Kumpulkan Bukti dan Sample Isi Perut Gajah

GAYO LUES, WOL – Kematian gajah yang bangkainya ditemukan membusuk di Dusun Munte Desa Ekan, Kecamatan Pining, Kabupaten Gayo Lues, Aceh diduga diracun oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Bangkai gajah jantan berusia 25 tahun itupun telah diautopsi.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh, Sapto Aji Prabowo, menyebutkan autopsi dilakukan oleh tim dokter hewan BKSDA dan Mahout (Pawang) BKSDA serta didampingi kepolisian dan polhut setempat.

“Hari ini telah dilakukan autopsi bangkai gajahnya, ternyata jenis kelaminnya jantan. Belalainya terpotong, bahkan gadingnya juga hilang dan kepalanya dibelah. Kami telah mengambil sample hati, usus, limpa, kotoran usus, jantung dan dinding usus untuk dianalisa di lab sebagai bentuk mengetahui penyebab kematiannya,” ujar Sapto kepada Waspada Online, Jumat (21/04) malam.

Tak hanya itu, tim di lapangan kata Sapto juga menemukan sisa kotoran yang terdapat cairan warna hitam yang diyakini sisa racun yang termakan oleh gajah sebelum mati. Pihaknya bahkan menduga kuat kematian gajah akibat diracun.

“Kuat keyakinan kami gajah ini mati karena diracun, tapi untuk lebih detailnya kita bisa menunggu hasil lab untuk mengetahui penyebab kematian tersebut. Untuk anak gajah yang sempat menunggu di samping bangkai gajah ini sudah tidak ada lagi, kemungkinan besar dia bertemu kembali dengan rombongannya,” tukas Sapto.(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Baca Juga

WOL Photo

Hendrik Sitompul Dipercaya Pimpin DPD GPEI Sumut

MEDAN, WOL – Tokoh Pemuda Sumatera Utara (Sumut), Drs Hendrik H Sitompul MM, dipercaya memimpin ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.