Newsticker
WOL / Aceh / Transportasi Online HO-JAK Ada di Aceh
foto : google
foto : google

Transportasi Online HO-JAK Ada di Aceh

BANDA ACEH, WOL – Transportasi online yang dilengkapi dengan aplikasi android tak hanya berkembang di sejumlah provinsi lainnya di Indonesia. Transportasi online semacam Go-Jek bahkan kini mulai dibentuk di Provinsi Aceh dengan berbeda sebutan yakni Ho-JAK.

Ho-JAK adalah sebutan dalam bahasa Aceh, jika diartikan dalam Bahasa Indonesia artinya ‘Pergi Kemana’. Transportasi berbasis online yang satu ini guna memudahkan pelanggannya mengakses transportasi. Bahkan, CEO HO-JAK, Chairul Mubarak, mengatakan aplikasi HO-JAK sudah didownload sebanyak 10 ribu kali oleh pengguna android di Play Store.

“bisnis ini bertujuan untuk meningkatkan bisnis masyarakat dengan cara mengurangi angka pengangguran. Sampai sekarang orang yang telah bergabung menjadi driver HO-JAK mencapai sekitar 500 orang. Kita ingin mengajak masyarakat untuk menambah penghasilan melalui bisnis ini,” ujar Chairul Mubarak, Rabu (15/03).

Dijelaskan, transportasi HO-JAK terdiri dari becak motor, sepeda motor, dan mobil. Masyarakat yang ingin mendaftar menjadi driver kata dia bisa langsung mendaftar melalui aplikasi. Bila driver tidak ingin bekerja mereka harus mematikan aplikasi HO-JAK. CEO yang satu ini mengakui bisnis tersebutmasih memiliki banyak kekurangan.

Sementara itu Manager of  Director, Azhari Idris menuturkan, HO-JAK memastikan kejelasan identitas drivernya dan akan meminta kartu identitas yang jelas para drivernya. Tarif HO-JAK sendiri juga berdasarkan ketentuan yang sudah diatur oleh pemerintah berdasarkan jarak tempuh.

“Oleh karena itu HO-JAK memanfaatkan aplikasi google maps. Sehingga jalur driver saat mengantar penumpang bisa dipantau oleh tim IT HO-JAK. Driver nantinya tidak perlu keliling mencari calon penumpang, sambil duduk pun mereka bisa mendapatkan orderan melalui aplikasi ini,” ujar Azhari.

Ia menjelaskan, driver HO-JAK terdiri dari laki-laki dan perempuan. Katanya, bisnis ini turut mengutamakan driver perempuan dan diharapkan tidak mengangkut penumpang pada malam hari.

Pada Mei 2017, Pekan Nasional (Penas) akan diselenggarakan di Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya. HO-JAK akan siap menjadi transportasi bagi peserta Penas yang datang dari berbagai daerah di Aceh.

“Wisatawan yang datang ke Aceh akan lebih mudah keliling Banda Aceh tanpa harus bingung mencari alat transportasi,” pungkasnya.(chai/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Baca Juga

foto: zimbio

Meski Kecil, Alaves Bisa Saja Juara

MADRID, WOL – Barcelona akan ditantang Deportivo Alaves pada final Copa del Rey di Vicente ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.