Breaking News
Home / Aceh / TNI dan Polri Amankan Bendera Alam Peudeung Berkibar
WOL Photo/Chairul sya'ban
WOL Photo/Chairul sya'ban

TNI dan Polri Amankan Bendera Alam Peudeung Berkibar

LHOKSEUMAWE, WOL – Selembar bendera bermotif bulan bintang dan berlambang pedang diamankan aparat TNI dan Polri setelah sebelumnya sempat berkibar di pinggir jalan tepatnya di Desa Alue Awe, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Aceh, Selasa (8/8).

Bendera yang disebut Alam Peudeung itu diduga sengaja dikibarkan oleh oknum tak bertanggungjawab. Bendera itupun akhirnya berhasil diturunkan oleh Kapos Pol Muara Dua, Iptu Rusdi, dan Komandan Pos Ramil Muara Dua, Pelda Yasten.

”Setelah terima laporan, kami langsung bergerak ke lokasi untuk menurunkan bendera tersebut. Awalnya diketahui oleh Bati Tuud Koramil 05/Syamtalira Bayu, Pelda Ramdam, yang kebetulan saat itu sedang lari pagi,” ujar Pelda Yasten.

Belum lama ini, tiga lembar bendera bermotif yang sama juga sempat berkibar di Kabupaten Aceh Tamiang, dan selembar di Kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur. Aparat keamanan setempat juga berhasil menurunkan bendera tersebut yang berkibar di pepohonan dan gapura.

Danrem 011 Lilawangsa, Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, sebelumnya juga pernah menyampaikan kepada setiap jajarannya agar tetap siaga dan waspada pada situasi berkembang khususnya jelang perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-72.

Walau saat ini situasi terlihat kondusif, kata Danrem, dengan adanya oknum yang mempunyai tujuan tertentu dan untuk memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI bisa membuat suasana menjadi kisruh atau tidak harmonis lagi.

Sebagaimana diketahui, bendera Alam Peudeung merupakan bendera yang pernah dipakai pada masa kerajaan Aceh Darussalam dari tahun 916 hingga 936 H atau pada tahun 1511 hingga 1530 M. Bahkan, bendera Alam Peudeung sempat diusulkan menjadi bendera yang sah untuk Aceh selain bendera bintang bulan yang memiliki dua garis hitam dan empat garis putih.(wol/chai)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo

Zainuddin Mars Ajak Masyarakat Selalu Jadi Pendakwah

PERCUT SEITUAN, WOL – Wakil Bupati Deliserdang H Zainuddin Mars mengajak masyarakat agar selalu menjadi ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.