Breaking News
Home / Aceh / Tingkatkan SDM, LKMP Terus Lakukan Bimtek Geuchik
WOL Photo/Chairul Sya'ban
WOL Photo/Chairul Sya'ban

Tingkatkan SDM, LKMP Terus Lakukan Bimtek Geuchik

MEDAN, WOL – Bagian dari bagi hasil pajak daerah dan retribusi daerah Kabupaten/Kota paling sedikit 10 persen dari realisasi penerimaan. Pengalokasian dengan ketentuan 60 persen dibagi secara proporsional dari realisasi pajak dan retribusi masing-masing desa.

Demikian disampaikan TOT Lembaga Kajian Manajemen Pembangunan (LKMP), Rista Sinaga, kepada puluhan Geuchik beserta aparatur asal Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, dalam Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa, Rabu-Sabtu (8-11/11) lalu di Hotel Soechi Intenational Medan.

“Sedangkan 40 persen dibagi secara proporsional dari realisasi pajak dan retribusi masing-masing desa. Pengalokasian ditetapkan dengan peraturan Bupati ata Walikota dan ketentuan mengenai tatacara pengalokasian ADD diatur dengan Perbup atau Perwal,” jelas Rista.

Selain itu turut menjelaskan tentang penghasilan Pemerintah Desa. Disebutkan, Siltap Kades dan perangkat desa bersumber dari ADD. Yang mana pengalokasian ADD dengan ketentuan jumlah ADD Rp 500 Juta digunakan maksimal 60 persen, jumlah ADD Rp 500 – 700 Juta digunakan maksimal 50 persen.

“Sedangkan jumlah ADD Rp 700 – Rp 900 juta digunakan maksimal 40 persen, dan jumlah ADD Rp 900 juta digunakan maksimal 30 persen. Penggunaan batas maksimal ditetapkan dengan mempertimbangkan efisiensi, jumlah perangkat desa, kompleksitas tugas pemerintahan dan letak geografis,” jelasnya kembali.

Direktur LKMP, Toni Setiawan melalui Koordinatornya, Fahmi, mengatakan pihaknya terus memberikan Bimtek kepada aparatur desa dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan SDM. (wol/chai)

Editor: Agus Utama

Check Also

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

Kapolri Bakal Pecat Anak Buahnya yang ‘Cawe-Cawe’ Penyelewengan Dana Desa

  JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan, akan memberikan sangsi tegas apabila anak buahnya ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.