Home / Aceh / Tanggul Sungai Senilai Rp18 Miliar Jebol ‘Diterjang’ Air Bah
WOL Photo/chairul sya'ban
WOL Photo/chairul sya'ban

Tanggul Sungai Senilai Rp18 Miliar Jebol ‘Diterjang’ Air Bah

LHOKSUKON,WOL – Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara, Munawar, mengatakan tanggul sungai yang baru saja dibangun tahun 2016 kini rusak akibat diterjang debit air sungai Krueng Pasee yang tinggi dan deras. Letak tanggul ini persisnya di Desa Mancang, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara.

Dampak dari pecahnya tanggul tersebut, jalan nasional Banda Aceh-Medan sempat digenangi banjir setinggi 35 Centimeter dan rumah warga terendam. Tanggul yang sebelumnya selesai dibangun oleh anggaran Kementerian senilai Rp 18 Miliar kini rusak, sebagaimana yang ia terima laporan dari pihak Kecamatan setempat.

“Tanggulnya sudah jebol atau runtuh sepanjang kurang lebih 15 meter, sehingga air sungai itupun leluasa berhamburan ke pemukiman warga. Sebelumnya tanggul itu juga pernah jebol, dan tahun 2016 selesai ditanggulangi dengan anggaran dari Kementerian senilai Rp18 miliar,” ujarnya, Sabtu (02/12).

Disebutkan, sejak sore tadi banjir di kawasan itu mulai surut, sejumlah warga kata dia juga sempat mengungsi.

“Saya sudah hubungi Camat setempat, laporan dari dia bahwa ada yang mengungsi, namun kini sudah kembali normal dan banjirnya mulai surut,” tukas Munawar.

Sementara itu pihaknya hingga kini masih terus mencatat secara detail kerusakan apa saja yang dialami desa yang digenangi banjir di 16 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara.

“Kami masih mencatat kerusakannya apa saja akibat dampak dari banjir ini,” pungkasnya.(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo/Chairul sya'ban

Banjir, 15 Ribu Warga Aceh Utara Mengungsi

LHOKSUKON, WOL – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, mencatat hingga hari ini jumlah ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.