_
Home / Aceh / Tanggul DAS Kali Bulan Jebol, Warga Terutung Payung Agara Resah
WOL Photo

Tanggul DAS Kali Bulan Jebol, Warga Terutung Payung Agara Resah

KUTACANE, Waspada.co.id – Diduga akibat derasnya hujan dalam beberapa hari terakhir, tanggul beronjong di hulu Desa Terutung Payung Kecamatan Bambel, Kabupaten Aceh Tenggara, jebol sejak Senin (10/6) lalu, sehingga cukup meresahkan warga sekitarnya.

Dari pantauan Waspada Online Kamis (13/6), terlihat beronjong arah DAS Kali Kisam, terlihat putus. Akibatnya warga Terutung Payung dan Terutung Sembilar merasa terancam, bila DAS Kisam dan DAS Kali Bulan ini bersatu dan meluap yang dapat menimbulkan banjir.

Salah seorang warga Terutung Sembilar, ketika di lokasi kepada Waspada Online menuturkan, seharusnya sebelum lebaran kondisi tanggul yang jebol tersebut sudah diantisipasi oleh pihak terkait, mengingat curah hujan dan debit air kedua daerah aliran sungai mulai meningkat. “Warga sudah menduga jika hal ini akan terjadi,” katanya.

Namun hingga berita ini diterbitkan, tanggul tersebut belum terlihat ada perbaikan maupun antisipasi terhadap kekhawatiran bencana banjir. “Belum ada tindakan apa-apa soal tanggul ini,” jelasnya sambil menunjukkan lokasi dan posisi tanggul bronjong yang jebol kepada Waspada Online.

Ketua PWI Agara Jumadi SPd terkait jebolnya tanggul bronjong penahan DAS Kisam dan DAS Kali Bulan tersebut angkat bicara. Jumadi meminta pihak terkait secepatnya turun tangan untuk antisipasi bencana susulan, karena dikhawatirkan rumah dan ratusan hektar lahan pertanian jagung masyarakat sekitarnya akan terkena dampak banjir.

“Pihak terkait harus segera turuntangan. Jangan sampai bencana banjir terjadi seperti beberapa waktu lalu di Aceh Tenggara,” tegasnya. (wol/bus/sal/data2)

Editor: Agus Utama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: