Home / Aceh / Sumur Warga Blang Aman Semburkan Cairan Pasir Mirip Gas
WOL Photo

Sumur Warga Blang Aman Semburkan Cairan Pasir Mirip Gas

LHOKSUKON, WOL – Warga di Desa Blang Aman, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara tiba-tiba dikejutkan dengan menyemburnya lumpur hitam bercampur batu-batu kecil dari sumur bor milik warga setempat, Sulaiman (45), Senin (25/4).

Semburan dari sumur bor berkedalaman sekitar 30 meter itu mampu menjulang ke atas hingga setinggi pohon kelapa. Semburan itupun justeru menyebabkan kerusakan ringan terhadap rumah Sulaiman yang lokasinya tak jauh dari sumur bor yang sedang digali itu.

Keterangan yang diperoleh Waspada Online di lokasi, bahwa sejak kemarin, Minggu (24/4), Sulaiman memanggil tiga orang pekerja pengebor sumur dari Kabupaten Aceh Timur.

Hal ini disebabkan desa tersebut sedang mengalami krisis air. Pengeboran pertama dilakukan dengan kedalaman 20 meter, akan tetapi belum membuahkan setetes air pun. Kemudian pengeboran kedua dilakukan pada hari ini dengan kedalaman sekitar 30 meter. Pada pukul 12.00 WIB, tiba-tiba semburan lumpur keluar dengan deras ke atas saat pekerja hendak memasang pipa. Mereka pun kemudian meminta pertolongan kepada warga lainnya.

“Untuk sementara, pemilik rumah terpaksa diungsikan karena lumpur bercampur batu terus berjatuhan ke atap rumahnya. Sehari sebelumnya, tidak jauh dari sumur yang mengeluarkan lumpur itu, Sulaiman juga membuat sumur bor, karena airnya asin, sehingga Sulaiman terpaksa menggali sumur satu lagi dengan harapan dapat menghasilkan air sumur dengan rasa tawar dan dapat dikosumsi. Namun bukan air tawar yang didapatkan, malah bencana,” ujar tokoh masyarakat setempat, M.Saman.

Penampakan semburan ini justeru menarik perhatian warga termasuk Tim Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) dan Kepala Dinas Pengairan dan Pertambangan, Mawardi, yang datang langsung ke lokasi.

Menurut Mawardi, jika semburan itu dalam hari ini tidak berkurang maka pihaknya akan segera turun tangan. Sementara hingga petang tadi, semburan masih terus menyembur.(wol/chai)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Ribuan Mahasiswa Unsyiah KKN di Gayo Lues

GAYO LUES, Waspada.co.id – Sejumlah 2122 mahasiswa dari berbagai program studi Universitas Syiah Kuala Banda ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: