Home / Aceh / Seribuan Rumah Tak Layak Huni Terdata di Tanah Luas
ilustrasi

Seribuan Rumah Tak Layak Huni Terdata di Tanah Luas

LHOKSUKON, WOL – Hampir seribuan lebih rumah tak layak huni terdata di kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara. Camat Tanah Luas, Drs Mawardi, saat ditemui Waspada Online di ruang kerjanya mengatakan, rata-rata warga di pedalaman Tanah Luas hidup di bawah garis kemiskinan.

“Data rumah tak layak huni berdasarkan yang kita peroleh, hampir mencapai angka seribu, totalnya saya tidak tahu berapa, yang jelas hampir seribuan. Ini juga diperkuat dengan proposal yang sudah masuk ke kami perihal bantuan rumah layak huni,” sebut Mawardi, Selasa (12/4).

Dikatakannya, sejumlah 57 desa di Tanah Luas itu seluruhnya terdapat rumah tak layak huni. Sedangkan desa terbanyak yang terdapat rumah tak layak huni diantaranya Desa Buket Makarti dan Desa Matang Cibrek.

“Di desa itu bisa kita lihat rumahnya semua tak layak huni, tidak ada satupun rumah yang berdinding beton di desa itu. Geuchik juga sudah berupaya ke kami agar dapat dibantu warga yang rumahnya tidak layak huni,” jelas Mawardi.

Menurutnya, pihaknya sementara ini belum mempunyai anggaran untuk bangun rumah layak huni, khususnya untuk rumah kaum dhuafa. Proposal yang sudah masuk, kata Mawardi, diusulkan dari kecamatan ke Bupati dan Baitul MAL.

“Namun kami bukan tidak peduli, akan tetapi memang kecamatan belum miliki anggaran untuk itu, kecuali dari baitul mal. Tapi sudah ada beberapa rumah dhuafa yang terbangun, untuk selanjutnya kita sebagai kecamatan tetap mengupayakan,” tukas Mawardi.(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Gunung Anak Krakatau Meletus 56 Kali, Status Masih Waspada

  JAKARTA – Gunung Anak Krakatau yang terletak di Selat Sunda Provinsi Lampung meletus hingga ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: