Home / Aceh / Sejumlah 7.311 Anak Sekolah Imunisasi MR di Aceh Utara
WOL Photo/Ilustrasi

Sejumlah 7.311 Anak Sekolah Imunisasi MR di Aceh Utara

LHOKSUKON,Waspada.co.id – Sejumlah 7.311 anak sekolah di beberapa Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara telah diberikan imunisasi oleh Dinas Kesehatan Aceh Utara dengan cara melakukan penyuntikan di bagian lengan bahu kirinya.

Sebagaimana disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Khalmidawati, bahwa imunisasi dilakukan secara massal sebagai upaya untuk pengurangan virus campak dan rubella pada anak usia sembilan bulan hingga di bawah 15 tahun.

Hal itu disampaikannya dalam sambutan pada kegiatan pembukaan pencanangan Kampanye Imunisasi Measles Rubella atau MR tingkat Kabupaten Aceh Utara yang berlangsung di Halaman Sekolah SD Negeri 07 Syamtalira Aron, Kamis (02/08).

“Adapun Kecamatan tersebut diantaranya Langkahan, Bandar Baro, Baktiya, Pirak Timu, dan Baktiya Barat. Kampanye imunisasi ini dilakukan untuk pengurangan virus campak dan rubella pada usia sembilan bulan sampai di bawah 15 tahun dengan tanpa memandang atau mempertimbangkan status imunisasinya dan tidak memerlukan izin secara tertulis,” terangnya.

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf, turut membuka pencanangan Kampanye Imunisasi MR. Dalam hal ini, pihaknya menyambut baik kampanye tersebut. Sejalan dengan itu, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan pihak Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Utara agar kampanye MR bisa berjalan secara legal.

“Hari ini kita baru melakukan pembukaan dan tentunya terus melakukan koordinasi dengan pihak MPU Aceh Utara supaya kegiatan ini legal dilakukan, maka mudah-mudahan kedepan bisa berjalan semuanya dengan maksimal. Tim Dinas Kesehatan Aceh Utara hari ini juga koordinasi dengan MPU supaya tidak ada permasalahan nantinya,” ujar Fauzi.

Peran tokoh ulama dan tokoh masyarakat serta kepala sekolah dan para guru sangat diharapkan dalam penyuluhan dan penggerakan sasaran agar masyarakat luas dapat menerima informasi terkait tentang tujuan, waktu, jadwal, dan dapat menggerakkan kelompok sasaran imunisasi massal agar datang sesuai waktu pelayanan.

Disebutkan, kegiatan tersebut cukup penting dan strategis karena Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit Rubella atau kecacatan yang disebabkan oleh infeksi virus Rubella saat kehamilan.

Sasaran pelaksanaan kegiatan kampanye imunisasi MR adalah seluruh anak usia sembilan bulan sampai dengan kurang 15 tahun yang tersebar di 23 Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh dengan jumlah sekitar 1,5 juta anak.

“Sedangkan di Kabupaten Aceh Utara yang terdiri dari 27 Kecamatan, sasaran MR berjumlah sekitar 183.029 anak. Kampanye ini di bulan Agustus tahun 2018 akan difokuskan di seluruh sekolah yang terdiri dari PAUD, TK, SD/MIN, dan SMP/MTS sederajat serta pondok-pondok pesantren,” tukas Fauzi.(wol/chai/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

12 Tim Voli di Pirak Timu Berebut Piala HUT RI

LHOKSUKON,Waspada.co.id – Sejumlah 12 tim bola voli antargampong bersaing memperebutkan Piala HUT RI ke 73 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: