Home / Aceh / Sampah Meningkat Seiring Perluasan Pasar dan Padat Penduduk
WOL Photo/Chairul Sya'ban

Sampah Meningkat Seiring Perluasan Pasar dan Padat Penduduk

LHOKSUKON, Waspada.co.id – Seiring padatnya penduduk dan perluasan pasar, kapasitas sampah terus meningkat setiap harinya yang mencapai 233 meter kubik namun hanya 150 kubik yang terangkut.

Jumlah banyaknya sampah tersebut hanya terdapat di Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang ada di Pusat-Pusat Ibukota Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Utara, belum lagi sampah-sampah di pedalaman kecamatan.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Aceh Utara saat ini hanya memiliki sejumlah 25 unit truck pengangkutan sampah yang beroperasi di 27 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Utara.

Setiap truck hanya mampu mengangkut enam kubik sampah setiap harinya dan dibawa ke Tempat Penampungan Akhir (TPA) di Desa Seuneubok Dalam, Kecamatan Lhoksukon atau berjarak sekitar 18 kilometer dari lokasi ke Pusat Ibukota Aceh Utara.

“Untuk mengangkut sampah-sampah yang dihasilkan masyarakat masih terbatas dikarenakan belum bisa melayani secara penuh semua area lingkungan masyarakat. Memang sejak awal kita mengupayakan untuk agar semua sampah terlayani diangkut,” ujar Sekretaris DLHK Aceh Utara, Cut Ibrahim, Sabtu (07/07).

Disebutkan, pihaknya sampai sekarang ini terus melakukan perubahan-perubahan di masyarakat karena menurutnya pola budaya di masyarakat itu sendiri selama ini masih terbiasa dengan ‘kumpul’ dan ‘buang’ (sampah, red) karena belum terbiasa untuk memilah sampah-sampah tersebut.

Maka demikian sampah yang diangkut ke TPA sampai saat ini masih sampah bercampur. “Seharusnya sampah itu dipilah terlebih dahulu baru dibawa ke TPS, kemudian di TPS pun juga dipilah. Begitu juga sampah dari TPS ke TPA, harus dipilah juga,” tukas Cut Ibrahim.(wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Ikan Mati Diduga Akibat Limbah, Ini Klarifikasi PKS PTPN I Cot Girek

LHOKSUKON,Waspada.co.id – Sejumlah jenis ikan tawar ditemukan mati di Sungai Peutoe yang terletak di Desa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: