_
Home / Aceh / Salam Perdamaian Rakyat Aceh Kepada Presiden RI dan Finlandia
WOL Photo/Chairul sya'ban

Salam Perdamaian Rakyat Aceh Kepada Presiden RI dan Finlandia

LHOKSUKON, WOL – Ketua Komite Peralihan Aceh dan Partai Aceh (KPA/PA) Wilayah Pase Aceh Utara, Tgk Zulkarnaini bin Hamzah atau Tgk Ni, mengatakan, masih banyak butir-butir MoU Helsinky atau perdamaian antara Aceh dengan RI yang belum diselesaikan.

Hal ini ia sampaikan dalam sambutannya di hadapan ratusan masyarakat yang menghadiri acara peringatan 11 Tahun Perdamaian Aceh dengan RI yang berlangsung di Kompleks Makam Sultan Malikussaleh, Samudera, Aceh Utara, Senin (15/8).

Ditegaskan, dirinya selaku mewakili rakyat Aceh menyampaikan salam perdamaian kepada Presiden RI, Ir H Joko Widodo atau Jokowi, mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Wapres Jusuf Kalla dan mantan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Hamid Awaluddin. Tak hanya itu, salam yang sama juga disampaikan kepada mantan Presiden Finlandia, Marti Ahtisaari.

“Para media harus sampaikan salam kami kepada Pak Presiden Jokowi, beliau termasuk bagian dari orang Aceh yang sempat tinggal di Aceh Tengah. Kemudian Pak SBY, Jusuf Kalla, Hamid Awaluddin dan Presiden Finlandia, dimana pada saat penandatanganan MoU Helsinki di Finlandia tahun 2005 silam mereka ikut serta,” ucap Tgk Ni.

Kendati demikian, pihaknya sangat berharap kepada Pemerintah Pusat di Jakarta agar segera menyelesaikan butir-butir MoU Helsinki yang belum terselesaikan.

Hal senada disampaikan Wali Kota Lhokseumawe, Suadi Yahya. Ia meminta Pemerintah Pusat segera selesaikan butir-butir MoU Helsinki. Menurutnya, tidak mudah untuk menjaga perdamaian, apalagi yang sudah memasuki usia yang ke 11 tahun ini.

“Butir-butir MoU Helsinki harus segera diselesaikan dengan berbagai cara, apapun ceritanya harus kita perjuangkan sama-sama. Ini juga tanggung jawab bagi pimpinan kita jika butir-butir MoU Helsinki tak juga dapat diselesaikan,” jelas Suadi.

Dalam pantauan Waspada Online di lokasi, acara tersebut turut disaksikan oleh Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib, Kapolres Lhokseumawe, Kapolres Aceh Utara, Dandim 0103 Aceh Utara, para anggota Dewan Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, dan ratusan masyarakat yang rata-rata merupakan janda korban konflik serta yatim piatu.(wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

适适

Check Also

Survei LSI: Kepuasan Publik terhadap Kinerja Jokowi Cukup Tinggi 71,8%

  JAKARTA – Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkap temuan bahwa kepuasan publik terhadap kinerja Presiden ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.