Breaking News
Home / Aceh / RSUD Gayo Lues Lulus Akreditasi Dasar Lembaga KARS
Kabid Yanmed RSUD Gayo Lues, dr Witono, saat menerima secara resmi sertifikat Akreditasi Tingkat Dasar RSUD Sangir, Gayo Lues dari Perwakilan Lembaga KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit), Drs.Adrian Jusuf Kilima di Jakarta, Selasa (6/3). (WOL Photo/Bustanuddin)

RSUD Gayo Lues Lulus Akreditasi Dasar Lembaga KARS

BLANGKEJEREN, WOL – Setelah berdiri beberapa tahun serta melalui proses yang panjang dan melelahkan, akhirnya RSUD Sangir, Kabupaten Gayo Lues resmi menerima sertifikat akreditasi dari Lembaga KARS (Komite Akreditasi Rumah Sakit) Indonesia di Jakarta, Selasa ( 6/3).

Menurut Direktur RSUD Gayo Lues, dr Mutia diwakili Kabid Yanmed RSUD Gayo Lues dr Witono kepada Waspada Online via telepon seluler dari Jakarta, Selasa (6/3) menyebutkan, proses akreditasi cukup rumit dan membutuhkan proses panjang. Karena akreditasi tersebut merupakan bagian dari standar pelayanan rumah sakit terhadap pasien.

Ditambahkan, proses akreditasi itu sendiri melalui beberapa tahapan, yang harus dilalui. Hal ini sudah dilakukan RSUD Gayo Lues sejak beberapa bulan lalu dengan menghadirkan tim dari lembaga KARS. “Untuk itu RSUD harus melengkapi beberapa persyaratan agar bisa lulus akreditasi minimal tingkat dasar,” sebut dr Witono.

Setelah terakreditasi oleh Lembaga KARS, RSUD Sangir ditetapkan sebagai tipe C, karena akreditasi juga sebagai persyaratan untuk dapat bekerja sama dengan pihak BPJS Kesehatan, dalam mengelola sistem pelayanan di rumah sakit yang dikenal dengan nama sistem INA CBGs (Indonesian Case Based Groups).

Diketahui, sistem INA CBGs adalah sistem yang dipakai pihak rumah sakit sebagai Fasilitas Kesehatan (Faskes) Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) dalam program JKN-KIS BPJS Kesehatan. “Dan target pada 2019 seluruh rumah sakit sudah terakreditasi untuk mencapai Universal Healt Coverage (UHC) dengan kata lain Kepesertaan JKN-KIS dari penduduknya sudah mencapai 95%,” jelas dr Witono lagi.

Sertifikasi Akreditasi RSUD Sangir Kabupaten Gayo Lues tersebut ditetapkan lulus dengan Predikat Tingkat Dasar diserahkan oleh Perwakilan Lembaga KARS Drs Adrian Jusuf Kilima di Jakarta, Selasa (6/3). (wol/bus/data2)

Editor: M Agus Utama

Check Also

Penggilingan Tebu Tingkatkan Pendapatan Warga Gayo Lues

BLANGKEJEREN, WOL – Penggilingan tebu yang juga menjadi salah satu Komoditi Andalan masyarakat Gayo Lues ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: