Home / Aceh / Reboisasi 13 KM Sungai Kuala Tripe di Tanami Bambu
WOL Photo/Bustanuddin

Reboisasi 13 KM Sungai Kuala Tripe di Tanami Bambu

GAYO LUES, Waspada.co.id – Sepanjang 13 Kilometer DAS Kuala Tripe yang melintasi dari Blangkejeren hingga Kecamatan Rikit Gaib dilakukan reboisasi atau penghijauan massal oleh masyarakat Kecamatan Rikit Gaib, Sabtu (28/7).

Kegiatan tersebut langsung digerakkan oleh Bupati Gayo Lues, H Muhammad Amru. Disebutkan, reboisasi sepanjang tepian aliran sungai dilakukan untuk mengatasi erosi dan sering meluapnya DAS Kuala Tripe yang berdampak ratusan hektar sawah dan kebun masyarakat tergerus banjir.

Bupati Gayo Lues menyebutkan kegiatan yang digagas Camat Rikit Gaib merupakan tindakan yang patut diapresiasi dan dijadikan contoh oleh pejabat-pejabat Kabupaten Gayo Lues. Kegiatan ini diakui mampu mengetuk dan menggerakkan masyarakat bekerja secara inisiatif tanpa pamrih.

“Saya sangat mengapresiasi Camat Rikit Gaib yang telah mengetuk kesadaran masyarakat Rikit Gaib terhadap lingkungan, ini patut ditiru. Bukan hanya kesadaran, tapi inisiatif dalam bekerja untuk kemaslahatan umat tanpa harus menunggu anggaran,” sebutnya kepada Waspada Online.

“Kalau kegiatan ini dianggarkan melalui APBK bisa menelan biaya Rp4 miliar, tapi Alhamdulillah kegiatan ini tidak dianggarkan dan ini harus dijadikan contoh,” tambah Amru.

Bupati juga memberikan apresiasi kepada seluruh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) asal Unsyiah, tokoh masyarakat serta pemuda yang telah membantu pelaksanaan reboisasi tersebut. Maklum, dampak banjirnya sangat terasa bagi masyarakat di Kecamatan Blangkejeren, Rikit Gaib, Blang Jerango, dan Terangun.

Camat Rikit Gaib, Drs. Buniyamin, mengatakan reboisasi ini sudah digarap sejak bulan Ramadhan lalu, namun baru Sabtu ini direalisasikan. Dikatakan, penanaman pohon bambu massal ini melibatkan 208 mahasiswa KKN dan masyarakat Rikit Gaib serta pelajar dengan menghabiskan 6300 bibit bambu. (wol/bus/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Kementerian Pendidikan-Pemkab Gayo Lues Teken MoU

JAKARTA, Waspada.co.id – Guna mendukung dan melestarikan seni dan budaya Tari Saman, Dirjen Kebudayaan Kementerian ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: