Breaking News
Home / Aceh / Rapat Konsolidasi Pilkada, Ini Harapan Forkopimda Aceh Utara
WOL Photo
WOL Photo

Rapat Konsolidasi Pilkada, Ini Harapan Forkopimda Aceh Utara

LHOKSUKON,WOL – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Utara, bekerjasama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh Utara, menggelar Konsolidasi Penyelenggara Pemilukada 2017 se Aceh Utara yang mengusung tema ”Penyelenggara Berintegritas, Pemilukada Berkualitas” di GOR Lhoksukon, Senin (09/01).

Dalam sambutannya, Plt Bupati Aceh Utara menyambut baik rapat konsolidasi tersebut. Pihaknya memandang bahwa rapat itu sangat penting dalam rangka menyamakan persepsi dan menjalin sinergitas para pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan pilkada demi suksesnya Pilkada 2017 di Aceh Utara.

Untuk itu, pihaknya berharap agar akan terus bertahan dan berlanjut profesionalitas kerja penyelenggara pilkada. Sehingga, tidak sampai menimbulkan gejolak politik yang dapat mengancam stabilitas daerah, apalagi sampai menggoncang keamanan.

”Lima pekan ke depan kita akan menghadapi hari paling penting dan paling krusial dalam tahapan pilkada, yang merupakan puncak dari tahapan pelaksanaan pemilihan bupati dan Wakil Bupati Aceh Utara. Tentu saja ini merupakan tugas berat yang telah dan sedang menanti kita semua,” ujarnya dalam amanat yang dibacakan Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Setdakab Aceh Utara, Marzuki SH MHum.

Pihaknya atas nama pemerintah daerah tentu saja turut membantu dan memfasilitasi tugas-tugas Penyelenggara pilkada. Hal ini kata dia, sesuai dengan ketentuan Pasal 126 Undang Undang Nomor 15 Tahun 2011,  bahwa dalam pelaksanaan tugas wewenang dan kewajiban penyelenggara pemilu maka pemerintah wajib koordinasi dan kerjasama.

”Pilkada 2017 merupakan agenda demokrasi yang besar yang termaktub dalam agenda politik nasional. Selain di daerah kita, pelaksanaan pilkada juga berlangsung di sejumlah daerah lainnya di tanah air yang berlangsung secara serentak pada 15 Februari mendatang,” tambahnya.

Harapan serupa disampaikan Danrem 011 Lilawangsa, Kolonel Inf Agus Firman Yusmono. Berdasarkan Undan Undang Dasar 1945, kata dia, pemilu merupakan wujud keikutsertaan seluruh rakyat Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintahan negara.

”Kepada seluruh masyarakat dan penyelenggara pemilukada, saya berharap agar bisa bekerjasama untuk menjaga dan mengawal pelaksanaan pesta demokrasi ini dengan damai agar tidak terjadi kecurangan, dan perselisihan antar pasangan calon maupun pendukungnya,” harap Danrem melalui Kasdim 0103 Aceh Utara, Mayor Czi Indra.

Maka dari itu, siapapun nantinya pasangan calon yang terpilih menjadi bupati dan Wakil Bupati Aceh Utara, agar kiranya saling mendukung dan menyatukan tekad untuk melangkah bersama demi kemajuan Aceh Utara.(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo/ Eko Kurniawan

Menulis Mendorong Kaum Muda Tingkatkan Kreativitas

MEDAN, WOL– Saat ini tulisan hasil karya pemuda khususnya di Kota Medan sangat berkurang. Sebagian besar ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.