_
Home / Aceh / Raih Peserta Terbaik GAMIFest 2019, Kampung Lempuh Syukuran 500 Lemang

Raih Peserta Terbaik GAMIFest 2019, Kampung Lempuh Syukuran 500 Lemang

BLANGKEJEREN, Waspada.co.id – Sebagai rasa syukur kepada Allah Subhanahu Wata’ala, atas terlaksananya Gayo Alas Mountain Festival (GAMIFest) 2019, yang dilaksanakan di Stadion Seribu Bukit Gayo Lues beberapa waktu lalu, pemuda Kreatif Kampung Lempuh menggelar Syukuran 500 lemang.

Kaum pemuda yang tergabung dalam Grup Tari Saman Bujang Serbang mendapat predikat Juara II Provinsi Aceh, sementara Juara pertama diraih oleh Grup Saman Binaan Pemkab Gayo Lues. Syukuran 500 lemang ini juga sebagai bentuk ucapan terima kasih terhadap Pemerintah Provinsi Aceh yang diwakili 4 Kabupaten, yaitu Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara.

(WOL Photo)

Demikian dikatakan Ketua Pemuda Kampung Lempuh, Syamsirman kepada Waspada Online, Minggu (15/9) di Blangkejeren.

Syamsirman menuturkan, Grup Tari Saman “Bujang Serbang” Kampung Lempuh mendapat penilaian terbaik oleh Dewan Juri, yang tergabung dari 4 Kabupaten, Provinsi Aceh. “Acara tersebut juga melibatkan Juri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, di mana pemenang mendapat sejumlah uang tunai juga diberikan tropi,” sebutnya.

“Oleh karena itu, sebagai rasa syukur kaum pemuda Kampung Lempuh membuat kegiatan membakar 500 lemang, yang akan dibagikan dan dicicipi bersama seluruh masyarakat kampung,” ujarnya lagi.

Dikatakan, bahwa memilih membakar sebanyak 500 lemang tersebut karena merupakan salah satu makanan tradisi di Gayo Alas yang dibuat secara serentak pada saat Isra’ Mi’raj dan juga Lebaran Idul Adha. “Jadi dengan moment ini diharapkan budaya memasak lemang di Gayo Alas dapat terus dilestarikan, di samping rasanya yang unik juga dapat dinikmati dengan buah durian,” jelasnya.

Diketahui, kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap kemajuan seni dan budaya yang saat ini didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi serta Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang diadakan setiap tahunnya di Provinsi Aceh yang disebut dengan GAMIFest (Gayo Alas Mountain Festival).

“Khusus bagi Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru dan Wakil H. Said Sani, kita mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas penghargaan ini, dan bagi kami pemuda Kampung Lempuh, hal ini menjadi motivasi yang sangat besar dan melalui seni budaya Tari Saman ini, kami siap memajukan dan memberikan kreasi baru dalam menghadapi tantangan festival seni budaya berikutnya,” jelas Syamsirman. (wol/bus)

适适

Editor: M. Agus Utama

Check Also

HAB Ke-73 Kemenag: Kepedulian Terhadap Korban Bencana Alam

BLANGKEJEREN,Waspada.co.id – Peduli Bencana yang marak terjadi di beberapa wilayah busantara, menjadi makna pada Peringatan Hari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.