Home / Aceh / Qanun Bantuan Hukum Masyarakat Miskin di Pidie Belum Jelas
WOL Photo

Qanun Bantuan Hukum Masyarakat Miskin di Pidie Belum Jelas

SIGLI, WOL – Kendati qanun bantuan hukum gratis bagi masyarakat miskin sudah disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie 2016, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie belum merealisasikannya.

“Kami sangat kecewa terhadap kinerja Kabag Hukum Setdakab Pidie yang sampai sekarang ini belum merealisasikan qanun bantuan hukum gratis untuk masyarakat tersebut,” kata Direktur Yayasan Pos Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia (YPB-HAM Pidie), Said Safwatullah, Rabu (26/7).

Terhadap produk hukum ini, lanjut Said menambahkan pihaknya sudah beberapa kali audiensi dengan Pemkab Pidie. Terakhir medio November 2016 lalu, dirinya mempertanyakan qanun bantuan hukum untuk masyarakat miskin pada Sekda Pidie.

“Saat itu pak Sekda menjawab bahwa qanun ini akan direalisasikan pada di awal-awal tahun 2017,” ungkap Said.

Diduga, kata dia, lambannya realisasi qanun bantuan hukum gratis bagi masyarakat di Kabupaten Pidie tersebut, dikarenakan tidak menguntungkan sehingga Pemkab Pidie kurang respek.

Said memaparkan alasan Pemkab Pidie tidak tahu mekanisme teknis, hendaknya Kabag Hukum dapat studi  banding ke Meulaboh, Aceh Barat. Di Aceh sendiri, baru Kabupaten Aceh Barat dan Pidie yang telah memproduksi qanun bantuan hukum gratis bagi masyarakat miskin.

Said menerangkan dalam Undang-Undang No 16 tahun 2011 tentang bantuan hukum di Pasal 19 ayat (1) dan (2) disebutkan bahwa daerah dapat mengalokasikan anggaran penyelenggaraan bantuan hukum dalam APBD/APBK.

“Jadi kami sangat kecewa, dan bukan juga harus lembaga kami yang mengelola dana itu. Kalau memang pemerintah daerah tidak menginginkan” tandasnya. (wol/aa/bm)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Bupati Bener Meriah Bantah Beri Suap ke Gubernur

JAKARTA, Waspada.co.id – Bupati Bener Meriah Ahmadi mengakui dirinya bertemu Gubernur Aceh Irwandi Yusuf melalui ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: