Home / Aceh / Puluhan Geuchik Terbang ke Jawa Timur Ikuti Bimtek
WOL Photo

Puluhan Geuchik Terbang ke Jawa Timur Ikuti Bimtek

LHOKSUKON,Waspada.co.id – Sejumlah 51 geuchik (kepala desa) dari Kecamatan Cot Girek dan Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara, diberangkatkan ke Malang, Jawa Timur.

Mereka akan mengikuti Bimbingan Teknis tentang pembekalan geuchik dan tata kelola administrasi desa berbasis aplikasi yang dilaksanakan oleh Lembaga Study Implementasi Akuntabilitas Publik (SIAP).

Dalam surat penawaran Bimbingan Teknis yang dikeluarkan Lembaga SIAP bernomor 001.4/SIAP/WS/IV/2018 tertanggal Jakarta 02 April 2018 disebutkan, bahwa melalui Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pembangunan Desa, pemerintah memberikan dukungan besar agar desa dapat melaksanakan program-program pembangunan dan memberikan layanan administratif kepada masyarakat.

“Sehingga aparatur desa yang menjadi bagian dari birokrasi negara harus memiliki kemampuan yang memadai untuk menjalankan tugas-tugas birokrasi tersebut,” demikian salah satu isi dalam surat tersebut pada alinea pertama yang ditandatangani oleh Direktur Eksekutif SIAP,” Eko Nugroho.

Disebutkan pula, bahwa dalam rangka meningkatkan kompetensi aparatur desa dalam menjalankan tugas – tugas birokrasi Pemerintahan Desa, serta memahami secara tekhnis dan administratif tentang pengelolaan manajemen dan keuangan secara profesional yang artinya Tertib, Efisien, dan Efektif.

Humas Lembaga SIAP, Rusgianto, saat dikonfirmasi Waspada Online mengatakan sejumlah 51 Geuchik ini berangkat pada Minggu malam (02/09). Untuk selanjutnya Bimbingan Teknis ini juga akan diikuti Operator Desa ke Batam, Kepulauan Riau, yang dijadwalkan terbang dalam waktu dekat ini.

Dalam surat penawaran juga dijelaskan ketentuan Bimbingan Teknis salah satunya mengenai biaya kontribusi dari setiap peserta. Selain itu mendapatkan fasilitas berupa full board metting, makan, modul dan training kits, dan sertifikat.

“Malam ini yang berangkat Geuchiknya dulu, untuk Operator Desa dijadwalkan dalam waktu dekat ini di Batam. Untuk biaya kontribusinya Rp 5 juta tiap peserta, dan didalamnya sudah terdapat aplikasi. Semua sesuai apa yang tertera di surat kita,” jelas Rusgianto, Minggu (02/09).

Dalam pelaksanaan itu yang akan berlangsung di Malang, Jawa Timur, Rusgianto menyebutkan bahwa akan menghadirkan Pemateri dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa.

“Yang jelas dari Kemendagri dan Kemendes ada, dan pelaksanaan ini belum ada kerjasama dengan lembaga lain, SIAP tersendiri,” tambahnya.(wol/chai/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Brimob Gagalkan 2 Pemuda Aceh Edarkan 20 Kg Ganja

MEDAN, Waspada.co.id – Tim Gegana Sat Brimobdasu meringkus dua tersangka kurir ganja seberat 20 Kg ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: